Pererat Hubungan Bilateral, Kasal Terima Kunjungan Chief of Naval Operation Republic of Korea Navy

Jakarta, PW: Dalam rangka mempererat hubungan bilateral antar kedua Angkatan Laut tersebut, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono menerima Kunjungan Chief of Naval Operation Republic of Korea Navy (Kasal Korea Selatan/Korsel) Admiral Kim Jung-Soo ke Markas Besar Angkatan Laut (Mabesal), Cilangkap Jakarta Timur pada Senin (21/02).

Dalam kunjungannya ini, Kasal Korsel didampingi oleh Chief of Naval Policy ROKN HQ, RDML Kang Chung Ho, Flag Secretary ROKN HQ RDML(s) Kim Jungil, Adjutant of CNO LCDR Park Taeyong, Mil Foreign Affairs Officer & Interpreter LT. Ha Ye Chan, Defence Attache Korea in Jakarta Capt. Jung Yeun Soo, Director General DSME Mr. Yoo Sujun, Atase Pertahanan RI di Seoul Kolonel Pnb Akal Juang, Escort Officer Kolonel Mar Sungatijantoro serta Liasion Officer Letkol Laut (P) Andre Dotulung. Sesampainya di Mabesal, Kasal Korsel di sambut dengan jajar kehormatan oleh para prajurit TNI AL dan selanjutnya diterima dengan penuh kehangatan oleh Kasal yang didampingi oleh Wakasal Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono, Asrena Kasal Laksamana Muda TNI Abdul Rasyid K., Asintel Kasal Laksamana Muda TNI Angkasa Dipua, Asops Kasal Laksamana Muda TNI Dadi Hartanto serta Waaslog Kasal Laksamana Pertama TNI Rachmat Hartoyo.

Pada pertemuan antar Kasal kedua negara tersebut, dibahas mengenai rencana kerjasama strategis khususnya kerjasama dibidang industri pertahanan khususnya Alutsista, bidang Pendidikan, serta latihan bersama. Kedua Pimpinan Angkatan laut ini juga membahas mengenai beberapa hal dalam hal itu pertukaran kadet Akademi Angkatan Laut, mewadahi pertukaran perwira siswa setingkat Sesko Angkatan, pelatihan kru kapal selam serta pembahasan mengenai Transfer Of Technology (TOT) kapal selam Indonesia yang di beli dari Korea Selatan. Dalam pertemuan tersebut disetujui pula mengenai pelaksanaan Navy To Navy Talk (NTNT) yang sebelumnya dilaksanakan dua tahun sekali menjadi setahun sekali.

Mengakhiri pertemuan, Kasal berharap kedepan Angkatan Laut kedua negara dapat saling berkoordinasi agar hubungan dan kerjasama yang telah terjalin selama ini semakin kuat. Kasal juga menginginkan jika tahun depan pandemi Covid-19 sudah berakhir, Korea Selatan dapat mengirimkan personel dan kapalnya untuk terlibat dalam kegiatan Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK). Setelah kegiatan kunjungan kepada Kasal hari ini, Kasal Korea Selatan melaksanakan kegiatan kunjungan kerja kepada Panglima TNI.

Selanjutnya Kasal Korea Selatan direncanakan melaksanakan kegiatan peletakkan karangan bunga di Museum KRI Nanggala-402 yang berada di Koarmada II Surabaya sebagai bentuk belasungkawa atas tenggelamnya KRI Nanggala-402 dan melaksanakan kunjungan ke Koarmada II dan PT. PAL pada Selasa (22/02).

Related posts