Delegasi TNI AL Turut Serta Dalam Pertemuan Dengan Perwakilan AL Seluruh Dunia

Jakarta, PW: Delegasi TNI Angkatan Laut (TNI AL) turut serta berpartisipasi pada pertemuan The Semi-Annual Multinational Maritime Information Services Interoperability Board secara virtual bertempat di Harris Hotel Sentul City Bogor, Jawa Barat.

Kegiatan pertemuan virtual yang diprakarsai oleh US Navy dan dihadiri 29 perwakilan angkatan laut negara sahabat ini dilaksanakan mulai tanggal 8 sampai 11 Februari 2022.

Dalam kegiatan ini, TNI AL mengirimkan delegasi yang terdiri dari beberapa perwakilan dari Satuan Kerja (Satker) Staf Operasi (Sopsal), Staf Komunikasi dan Elektronika Angkatan Laut (Skomlekal), Dinas Operasi dan Latihan (Disopslatal), Dinas Komlekal, Dinas Pengamanan dan Persandian Angkatan Laut (Dispamsanal) Pusat Komando dan Pengendalian (Puskodal) Markas Besar Angkatan Laut (Mabesal) dan Komando Armada I.

The Semi-Annual Multinational Maritime Information Services Interoperability Board adalah suatu badan interoperabilitas informasi maritim multinegara yang terbentuk pada tahun 2001 sebagai hasil inisiasi Operation Enduring Freedom. Badan ini mempunyai tugas untuk mengimplementasikan, mengembangkan dan mengevaluasi sistem operabilitas informasi maritim negara-negara yang tergabung atau negara pengguna sekaligus sebagai supervisi dalam mencari solusi teknis dan operasional untuk mengintegrasikan berbagai sistem dan jaringan informasi yang digunakan oleh negara-negara yang menjadi koalisi maupun negara-negara yang melaksanakan latihan bersama dengan Amerika Serikat. Pada pertemuan M2I2 tersebut terbagi kedalam 2 Working Group yaitu Operations and Training Working Group dan Technical and Cyber Working Group.

Keikutsertaan perwakilan TNI Angkatan Laut dalam M2I2 22-1 ini memungkinkan TNI Angkatan Laut untuk mengikuti perkembangan global dan terkini bidang teknologi, komunikasi dan siber, serta mengembangkan konsep interoperabilitas sistem, mekanisme kodal (C2), melatih kemahiran, kecakapan, dan profesionalisme personel TNI AL

Kegiatan ini sebagai implementasi dari program prioritas Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono dalam peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia TNI AL yang unggul, Interoperabilitas, dan K4IPP serta Siber.

Related posts