Prajurit Yon Howitzer 1 Marinir Laksanakan Harwat Ranrik Meriam

Jakarta, PW: Dalam rangka memastikan kesiapan kendaraan di medan operasional prajurit Batalyon Howitzer 1 Marinir (Yonhow 1 Mar) melaksanakan pemeliharaan dan perawatan Kendaraan Penarik (Ranrik) meriam yang dilaksanakan di Garase Batalyon Howitzer 1 Marinir, Kesatrian Marinir Hartono, Cilandak, Jakarta Selatan, Selasa (25/01/2022).

Kegiatan ini merupakan rutinitas yang dilaksanakan guna menghadapi tugas operasi baik itu Operasi Militer Perang (OMP) ataupun Operasi Militer Selain Perang (OMSP).

Adapun di Operasi Militer Perang  adalah untuk memudahkan dalam proses mobilisasi pasukan dan material terutama untuk menarik kesenjataan Meriam Howitzer 105 mm menuju ke daerah steling. Pada Operasi Militer Selain Perang adalah dalam mendukung proses evakuasi di daerah Bencana Alam.

Dalam proses harwat bagian-bagian Ranrik yang dicek meliputi sistem hidrolik kendaran seperti rem dan power stering (Kemudi), kelistrikan kendaraan, suspensi,dan lai-lain, hal ini dilakukan guna memastikan bahwa kendaraan tempur dalam keadaan siap.

Dilain tempat, Komandan Batalyon Howitzer 1 Marinir Letkol Marinir Andi Nurmawan, M.Tr.Opsla., menyampaikan kepada prajurit Batalyon Howitzer 1 Marinir agar benar-benar melaksanakan pengecekan kendaraan dan segera laporkan apabila terdapat kerusakan supaya dapat segera diperbaiki. Hal ini dilakukan agar seluruh kendaraan tempur dalam keadaaan baik dan siap digunakan. Pada proses pelaksanaannya tidak lupa tetap mengutamakan standar operasional dalam bekerja.

Related posts