Kombes Pol Raydian Kokrosono, “Para Kasat Lantas Jajaran Polda Papua Barat Diminta Lakukan 6 Hal Ini”

Manokwari (4/1) PW- Bertempat di RTMC Polda Papua Barat, Kombes Pol Raydian Kokrosono selaku Dirlantas Papua Barat memimpin pelaksanaan Kegiatan Rapat Online via Zoom Meeting bersama Perwira Ditlantas Polda Papua Barat, para Kasat Lantas dan Pa Lalu Lintas Polres di Jajaran Polda Papua Barat.

Rapat yang berlangsung hampir 3 jam tersebut membahas analisa dan evaluasi Operasi Lilin Mansinam 2021 Ditlantas Polda Papua Barat, Kinerja Jajaran Lalu Lintas selama tahun 2021 serta Rencana Program Kinerja Lalu Lintas yang akan dilaksanakan di tahun 2022.

Dalam pelaksanaannya dilakukan analisa dan evaluasi (Anev) Data Kinerja Lantas selama tahun 2021 yang telah direlease, sehingga kinerja Lantas pada tahun 2022 akan bisa meningkat/lebih baik. Membahas Anev Giat Preemtif, Preventif, Represif Terbatas/Selektif, serta Anev Gar/Laka Lantas yang terjadi selama giat Operasi Lilin Mansinam di tahun 2021.

Tahun 2022, para Kasat Lantas diminta lakukan 6 hal ini :

1). Untuk Peningkatan situasi Kamseltibcar Lantas tahun 2022, Para Kasat Lantas agar meningkatkan pelaksanaan Program RSPA (Road Safety Partnership Action) di wilayahnya.
2). Para Kasat Lantas tetap jalankan Program KTL-Pro Mansinam karena salah satu bagian dari kegiatan Program RSPA.
3). Para Kasat Lantas diminta terus mengaktifkan Kegiatan IRSMM Dan IRSMS.
4). Para Kasat Lantas Pro Aktif untuk Menghidupkan Forum Lalu Lintas di wilayah masing-masing (salah satu juga dari program RSPA).
5). Para Kasat Lantas tetap membantu kegiatan percepatan vaksinasi di wilayahnya, untuk mengantisipasi kehadiran virus varian baru (omicron).
6). Para Kasat Lantas diminta melaksanakan tupoksi Lantas dengan Kegiatan Preemtif, Preventif dan Represif Selektif Prioritas secara humanis & profesional di wilayahnya.

Sedangkan untuk kinerja Jajaran Lalu Lintas di Wilayah Hukum Polda Papua Barat, setiap bulan akan dianalisa & dievaluasi melalui data yang akan dishare atau bisa melalui rapat online, sehingga di bulan-bulan berikutnya, Giat Lalu Lintas akan lebih tajam/terarah dan hasilnya lebih baik. Sedangkan untuk internal Sat Lantas diminta agar melaksanakan giat Anev pada setiap minggu.

Sedangkan untuk Para Kaslan dan Perwiranya agar selalu Meng – Grip anggotanya sehingga tidak ada pelanggaran dalam pelaksanaan tugas yang berpotensi menurunkan citra Polantas di tengah-tengah masyarakat.

Kombes Pol Raydian Kokrosono juga menyampaikan jika Jumlah Kecelakaan Lalu Lintas selama Operasi Lilin Mansinam tahun 2021 menurun dibanding tahun 2020. “Namun kualitas agak meningkat dan bisa saya sampaikan 80 % korban meninggal, disebabkan karena Korban/Pelaku dipengaruhi oleh Miras.”

“Untuk seluruh kegiatan Pre emtif, Preventif dan Represif (Selektif Prioritas) tahun 2021, meningkat dibanding Operasi Lilin tahun 2020. Jajaran Kasat Lantas semua sudah sangat luar biasa dengan didukung oleh rekan-rekan media yang luar biasa juga. Terima kasih semuanya,” ujar Kombes Pol Raydian Kokrosono.

Pelaksanaan Operasi Lilin Mansinam 2021 dan Pelaksanaan Tugas selama tahun 2021 yang berjalan dengan baik dan aman tersebut, mendapatkan Apresiasi dan Ucapan Terima kasih dari Kapolri, Kakorlantas dan Kapolda Papua Barat.

“Apresiasi serta Terima Kasih khusus untuk Jajaran Lalu Lintas di Polda Papua Barat yang bisa ZERO pelanggaran selama dalam pelaksanaan tugas, agar dapat dipertahankan bahkan dapat lebih ditingkatkan,” tutup Kombes Pol Raydian Kokrosono.

*Jacob Sumampouw

Related posts