Yontankfib 1 Mar Pertahankan Tradisi TNI Angkatan Laut

Ngawi, PW: Batalyon Tank Amfibi 1 Marinir (Yontankfib 1 Mar), melaksanakan Hasta Pora dalam acara resepsi pernikahan Pratu Marinir M. Ma’ruf yang dilakaanakan di daerah Ngawi, Jawa Timur (07/11/2021).

Hasta Pora adalah tradisi TNI AL dan sebagai bentuk perwujudan dan kepedulian penghormatan kepada Prajurit Bintara dan Tamtama yang sedang menjalankan sebuah upacara pernikahan, perwujudan dari sebuah bangunan Gapura yang terbuat dari tangan berjajar rapi posisi lurus ke atas dan diperagakan oleh 20 barisan Prajurit yang mengenakan Pakaian Dinas Protokol (PDP) secara berhadap hadapan.

Dengan mengenakan ciri khas pakaian kebesaran Dinas Upacara putih putih dan posisi tangan lurus keatas berjajar berhadap hadapan dengan posisi berdiri tegak lurus membentuk lorong jalan piramida untuk dilewati bersama oleh kedua mempelai pengantin.

Dalam pelaksana Hasta Pora sendiri Kapten Marinir Joko Utomo yang sehari hari menjabat sebagai Komandan Kompi C Yontankfib 1 Mar yang memimpin prosesi jalannya Hasta Pora.

“Ini adalah sebuah bentuk penghormatan bagi prajurit yang baru membentuk kehidupan berumah tangga bagi kedua mempelai,” ungkap Letkol Marinir Imam Ghazali, M.Tr.Opsla., selaku Danyon Tankfib 1 Mar kepada prajuritnya yang sedang melalsanakan pernikahan.

Related posts