Dankodiklat TNI AL Pimpin Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1443 H/2021 M

Surabaya, PW: Komandan Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI AL (Dankodiklatal) Laksamana Madya TNI Nurhidayat memimpin pelaksanaan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1443 H/2021 M yang diikuti prajurit Antap, Prajurit Siswa, Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan perwakilan anggota Jalasenastri Kodiklatal. Adapun peringatan Maulid Nabi tersebut dipusatkan di Masjid Ibadurahman Kesatrian Kodiklatal Bumimoro Surabaya, Kamis, (4/11/2021).

Hadir dalam peringatan tersebut para pejabat Utama Kodiklatal diantaranya Wadan Kodiklatal Laksda TNI Agus Hariadi, Inspektur Kodiklatal, Kapokgadik, para Direktur Kodiklatal, para Komandan Kodik dan para Komandan Puslat di jajaran Kodiklatal. Selain itu hadir pula Ketua Gabungan Jalasenastri Kodiklatal Ny. Titi Nurhidayat dan pengurus Gabungan Jalasenastri serta Ustaz KH. Abdul Malik Al Hadad sekaligus sebagai penceramah.

Komandan Kodiklatal Laksamana Madya TNI Nurhidayat dalam sambutannya menyampaikan bahwa makna Maulid Nabi yang selalu kita peringati  ini  bukan  hanya  bersifat seremonial, namun sebuah momen spiritual untuk mengingatkan kita bahwa Nabi Muhammad SAW sebagai figur tunggal yang mengisi pikiran, hati dan pandangan hidup kita. Tidak hanya menjadi tokoh sejarah fiktif dalam diri kita, tetapi betul-betul secara konkret tertanam, mengakar, menggerakkan detak-detak jantung dan aliran darah ini.

“Kita tidak boleh  mengabaikan uswahtul hasanah Rasulullah Sholallahu Alaihi Wasallam, karena kesungguhan mengikuti teladan Rasulullah secara utuh dalam mengarungi perjuangan hidup ini adalah kunci menuju kehidupan umat yang lebih maju dan bermartabat di masa yang akan datang.” Jelas Dankodiklatal.

Menurutnya sudah saatnya bagi kita untuk mulai memahami dan memperingati Maulid Nabi secara lebih mendalam dan fundamental, sehingga kita tidak hanya memahami dan memperingatinya sebatas sebagai hari kelahiran sosok Nabi dan Rasul terakhir kita, namun kita harus meneladani dan mencontoh beliau dalam semua perkara dengan berusaha untuk melakukan sunnah-sunnahnya.

Demikian pula, dalam pengabdian kita kepada organisasi TNI AL dimana kita selama ini bertugas, harus kita mulai dari pribadi kita sendiri dengan meningkatkan semangat, dedikasi, loyalitas termasuk didalamnya meningkatkan kemampuan pribadi dan profesionalisme sesuai bidang masing-masing, didukung dengan upaya meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT sebagai landasan dalam melaksanakan tugas, serta meninggalkan kebiasaan-kebiasaan lama yang tidak bermanfaat.

Adapun uraian lebih luas tentang hikmah  peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW ini disampaikan oleh Ustaz KH. Abdul Malik Al Hadad dengan tema, “Melalui Hikmah Maulid Nabi Muhammad Saw 1443 H/2021 M, Kita Tingkatkan Keteladanan dan Etos Kerja Personel TNI Guna Mendukung Keberhasilan Tugas Pokok TNI di Tengah Pandemi Covid-19”.

Sementara Ustaz Dr. Ahmad Muzakki Al Hafidz dalam ceramahnya menyampaikan berkaitan dengan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW tersebut  agar umat Muslim meneladani apa yang menjadi sifat-sifat Rasulullah. Adapun sifat sifat tersebut adalah Shidiq yang artinya selalu berkata benar, amanah yang berarti dapat dipercaya, Tabligh yang artinya menyampaikan kebenaran dan Fathonah yang artinya  Cerdas.

Related posts