Latihan Crash Team Di Lanud J.B. Soedirman

Purbalingga, PW: Lanud J.B. Soedirman menggelar latihan crash team di apron Lanud J.B. Soedirman.  Latihan ini dimaksudkan untuk mengasah dan meningkatkan kembali keterampilan dan kemampuan personel Lanud apabila terjadi incident atau accident penerbangan, Purbalingga Kamis (21/10/2021).

Dengan koordinasi yang terpadu dari setiap unsur crash team yang terlibat seperti Base Ops, PKP-PK, Satpomau, Kesehatan, Intel dan unsur lainnya menjalankan tugas dan fungsinya masing-masing saat terjadi kecelakaan penerbangan.  Seperti yang disampaikan Danlanud J.B. Soedirman Letkol Nav Marino Adam Darmawan, S.T.,M.M saat latihan, “Personel yang terlibat latihan ini harus sigap dan terampil dan sudah tahu tugasnya masing-masing, sehingga apabila ada kejadian kecelakaan penerbangan dapat ditangani dengan cepat, tepat, baik dan benar” katanya.

Saat latihan crash team tersebut diskenariokan PLLU Lanud J.B. Soedirman, telah menerima informasi kondisi darurat dari pesawat udara yang meminta mendarat darurat di landasan Lanud J.B. Soedirman, karena pesawat mengalami kerusakan mesin dan terjadi percikan api pada mesin pesawat. Setelah menerima informasi tersebut, personel PLLU menyampaikan kepada Danlanud J.B. Soedirman.   Sesuai arahan dan perintah dari Danlanud J.B. Soedirman kepada seluruh jajaran dan petugas terkait, salah satunya Kasubsi Base Rescue Letda Tek Toni Basuki  bersama crash team dengan menggunakan mobil Vehicle Control Post, PKP-PK Bandara, mobil patroli dan ambulance serta truck dukungan personel bergerak menuju ke lokasi pendaratan pesawat.  Dengan penyemprotan ke titik api yang ada di pesawat  dan telah dipastikan api telah padam selanjutnya tim kesehatan melaksanakan evakuasi para penumpang pesawat dan personel Satpomau dan Intelpam melaksanakan sterilisasi lokasi kejadian. Selama berlangsungnya latihan crash team berjalan dengan aman lancar.

Related posts