Anggota Kodim 1501/Ternate Ikuti Test Samapta periodik II

TERNATE PW. Anggota Kodim 1501/Ternate mengikuti tes Samapta periodik II tahun 2021 di Lapangan Perikanan kelurahan Bastiong Kecamatan Ternate Selatan, Kota Ternate, Maluku Utara. Selasa (19/10/2021).

Kegiatan ini dilaksanakan untuk mengukur dan meningkatkan sejauh mana kemampuan seorang prajurit selama berlatih pembinaan fisik di satuan guna mendukung tugas pokok TNI AD dalam melaksanakan aktifitas kesehariannya di lapangan dapat terlaksana dengan baik.

Pelaksanaan Tes Samapta dilaksankan bersama-sama dengan Korem 1512/Baabullah, untuk Kodim 1501/Terante dipimpin langsung Pjs. Pasi Personalia Mayor Inf Hidayat, diikuti seluruh perwira staf dan personil Kodim.

Pesan Komandan Kodim 1501/Ternate Letkol Adi Sabaruddin S.Sos. yang disampaikan oleh Pjs. Pasi operasi Kodim Mayor Inf Nur Kholis, S.Sos. mengatakan kegiatan ini dilaksanakan guna mengetahui kemampuan fisik masing masing prajurit dibidang kesemaptaan jasmani diharapkan semuanya dapat melaksanakan, karena samapta periodik ini akan di ambil nilai supaya masing masing personil tahu kemampuan fisiknya masing masing dan nilai ini menunjang buat UKP kenaikan pangkat serta kursus kursus ataupun pendidikan.

“Namun, bagi yang merasa memiliki riwayat penyakit dan merasa tidak sehat serta tensi darah yang tinggi, tidak perlu memaksakan diri. Masih ada semapta periodik lagi dilain kesempatan. Begitu juga yang merasa sehat, namun saat melaksanakan lari merasa pusing atau kunang kunang segera menepi dan istirahat, nanti tim kesehatan yang akan menghampiri dan memeriksa,” jelasnya

“Jangan pernah memaksakan diri karena merasa malu dan gengsi sama rekan rekan yang lain hingga melupakan faktor keamanan dan keselamatan, yang tahu kondisi tubuh kita adalah diri kita sendiri, yang tahu kemampuan kita adalah diri kita sendiri. Ini semua demi kebaikan kita semua untuk menghindari terjadinya hal hal yang tidak kita inginkan,” sambungnya

Namun yang merasa sehat, mampu saya harap laksanakan kegiatan ini dengan baik dengan penuh rasa tanggung jawab dan semangat serta tetap melaksanakan protokol kesehatan Covid 19 dengan tetap menjaga jarak.#Terang Dandim.

“Tes Samapta ini, merupakan bagian dari program kerja Kodim 1501/Ternate untuk mengukur hasil pembinaan fisik yang telah dilaksanakan mulai dari tingkat kesegaran jasmani prajurit,” tutup Mayor Inf Hidayat.

Sebanyak 66 personil Kodim 1501/Ternate melaksanakan tes Kesegaran Jasmani (Garjas) periodik, kegiatan diawali dengan pemeriksaan tahap awal, tensi, peregangan dan dilanjutkan Samapta kesegaran A yakni lari 12 menit.

Pelaksanaan Samapta tersebut meliputi tes kesegaran A yaitu lari dengan waktu tempuh selama 12 menit.

Kemudian dilanjutkan tes kesegaran B yaitu pull Up, sit Up, push up, lunges, serta shuttle run dan dilanjutkan tes ketangkasan renang dengan jarak 50 meter. tandasnya..@/red

Related posts