Prajurit Brigif 2 Marinir Peringati HUT Ke 76 TNI AL

(Sidoarjo), PW: Prajurit Brigif 2 Marinir dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) melaksanakan upacara peringatan Hari Ulang Tahun ke 76 TNI Angkatan Laut TAHUN 2021 di lapangan apel Bhumi Marinir Gedangan, Sidoarjo, Jawa Timur. Jumat (10/09/2021).

Kegiatan yang diikuti oleh segenap Prajurit dan PNS di jajaran Brigif 2 Marinir tersebut dipimpin langsung oleh Komandan Brigif 2 Marinir Kolonel Marinir Rudi Harto Marpaung selaku Inspektur upacara dan sebagai Komandan Upacara Lettu Marinir Andreas Parsaulian Manalu.

Pada upacara peringatan HUT ke 76 TNI AL tersebut, diawali dengan menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya, mengheningkan cipta dipimpin Inspektur Upacara dan pengucapan Sapta Marga yang dilakukan oleh Serda Mar Ewa Riswani.

Peringatan Hari Jadi ke-76 TNI AL tahun 2021 mengangkat tema “Dengan Semangat Jalesveva Jayamahe TNI Angkatan Laut Siap Mewujudkan Indonesia tangguhm, Indonesia tumbuh”.

Dalam amanatnya yang dibacakan Komandan Brigif 2 Marinir, Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E. M.M menyampaikan bahwa sebagai bagian dari komponen utama pertahanan negara, TNI Angkatan Laut akan senantiasa mendukung setiap kebijakan pemerintah dalam menghadapi tantangan nyata saat ini. Tanpa mengurangi pelaksanaan tugas pokok sebagai garda utama pertahanan negara di laut, TNI AL juga berperan aktif mendukung prioritas pemerintah dalam penanggulangan Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional.

Mencermati situasi yang berkembang di tingkat global, regional dan nasional, lanjut Kasal, kita harus menyadari bahwa ketahanan kita sebagai bangsa Indonesia sedang diuji. Isu-isu global yang mengemuka seperti perebutan sumber daya alam, kelangkaan energi dan sumber daya alam, perubahan iklim, dan kesenjangan ekonomi antar negara serta kebangkitan Taliban di Afganistan dapat menjadi pemicu yang menimbulkan kerawanan pertahanan dan keamanan di Indonesia.

“Kekuatan Armada Kapal Perang, Pasukan Marinir, Pesawat Udara dan Pangkalan yang terintegrasi dalam Sistem Senjata Armada Terpadu (SSAT) merupakan keunggulan sekaligus warna dari TNI Angkatan Laut yang terus berbenah diri, membangun serta membina kekuatan dan kemampuan sebagai angkatan laut yang profesional, modern dan tangguh, tegasnya.
Kasal juga menegaskan kepada seluruh jajaran TNI AL bahwa konsep operational ready force atau kekuatan yang siap dioperasikan harus diwujudkan dengan hasil nyata dengan indikator semakin banyak satuan-satuan operasi yang siap bertempur, semakin cepat dikerahkan, dan mampu berlayar, terbang serta berpatroli lebih jauh dan lebih lama di setiap medan operasi penugasan.

“Meskipun di tengah pandemi Covid-19, dengan lengan baju tersingsing prajurit TNI Angkatan Laut tetap melaksanakan tugas-tugas operasi setiap hari. Kekuatan laut yang bertumpu pada SSAT terdiri dari kapal perang, pesawat udara dan pasukan Korps Marinir TNI Angkatan Laut serta pangkalan tersebar dan akan selalu siap siaga di seluruh wilayah perairan nusantara, di perbatasan laut, di pulau-pulau terluar, di atas cakrawala biru, bahkan di daerah operasi perdamaian di bawah bendera PBB,” tegas Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M.

Upacara peringatan Hari Jadi ke-76 TNI AL yang berlangsung sederhana, dan berlangsung khidmat dengan tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 tersebut juga diikuti Wadan Brigif 2 Marinir Letkol Mar Argo Setiyono, para Perwira Staf dan Komandan Satlak Brigif 2 Marinir serta Perwira di jajaran Brigif 2 Marinir.

Related posts