Tingkatkan Kemampuan Prajurit, Kodim 1501/Ternate Gelar Latihan Menembak

TERNATE, PW: Kodim 1501/Ternate menggelar latihan menembak senjata ringan (Latbakjatri) Triwulan II TA 2021 guna memelihara dan meningkatkan kemampuan menembak prajuritnya yang di gelar di Lapangan Tembak R. Malik Malan Kel. Tubo Kec. Ternate Utara Kota Ternate. Rabu, 2/6/2021

Latbak Jatri ini merupakan salah satu bentuk pembinaan personel khususnya bidang latihan, dengan latihan yang terprogram dan terencana setiap triwulannya diharapkan dapat meningkatkan kemampuan personel Kodim 1501/Ternate, oleh sebab itu seluruh anggota Kodim 1501/Ternate beserta Koramil di jajarannya wajib mengikuti Latihan Menembak Senjata Ringan yang dilaksanakan sekali dalam satu triwulan.

Perwira seksi operasi (Pasiops) Kodim 1501/Ternate Mayor Inf Robby Manual mengatakan. Latbak Jatri Kodim 1501/Ternate hanya dilakukan sekali dalam satu Triwulan diharapkan dengan latihan menembak ini dapat meningkatkan kemampuan Prajurit Kodim 1501/Ternate.

Lebih lanjut Anggota yang melaksanakan latihan menembak harus mengikuti arahan dari pengawas lajur atau Koordinator menembak, pelaksanaan menembak sesuai dengan materi yaitu menembak senapan SS V1 jarak 100 meter dengan sikap tiarap. Kegiatan Lat Bak tersebut dilaksanakan selama dua hari yaitu tanggal 2-3 Juni 2021.

Perwira seksi Intelijen (Pasi Intel) Kodim 1502/Ternate mengatakan, Dalam melaksanakan latihan menembak (Latbak) hal utama yang harus dilakukan adalah menjaga keamanan diri sendiri dan rekan-rekannya serta keamanan material hindari kegiatan yang tidak perlu dilakukan, perhatikan dalam pembawaan senjata, laras harus mengarah ke tempat yang aman (keatas)

Selama pelaksanaan latihan menembak, prajurit yang menembak diawasi secara ketat oleh Pimpinan petembak (Pibak) dan Pengawas Lajur. apabila senjata mengalami gangguan laporkan ke pengawas lajur untuk ditindak lanjuti.

Sementara itu dalam keterangannya Dandim 1501/Ternate Kolonel Inf R Moch Iskandarmato, S.E. menyampaikan Kegiatan menembak merupakan latihan ketangkasan bagi seorang Prajurit untuk lebih mendalami tehnik menembak, yang mana kita semua harus sadar akan tugas dan tanggung jawab sebagai Prajurit.

“Seorang Babinsa tidak akan menggunakan senjata dalam melaksanakan tugas utamanya sebagai aparat teritorial tetapi dengan pendekatan, namun latihan menembak hukumnya wajib dilaksanakan bagi seorang prajurit,” ungkapnya..@/red

Related posts