Perpanjang Usia Pakai, Prajurit Yonmarhanlan III Rawat Senjata Organik

Jakarta, PW: Sebagai salah satu wujud kesiapan dan untuk memperpanjang usia pakai Alutsista satuan, prajurit Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan) III Jakarta melaksanakan perawatan senjata organik di  Kesatrian Marinir “Hiu Perkasa” Mako Yonmarhanlan III Kelapa Gading, Jakarta Utara, Rabu (28/04/2021).

Kegiatan ini diawali dengan Apel pagi bersenjata, latihan PBB Bersenjata, dan lomba bongkar pasang senjata antar Kompi dan dilanjutkan dengan pembersihan senjata organik masing-masing personel.

Kegiatan yang dipimpin oleh Bama Batalyon Peltu Mar Dede Wahidin dan didampingi oleh Perwira Seksi Operasi (Pasiops) Mayor Marinir Rusbal tersebut dilaksanakan secara rutin, dengan tujuan agar senjata selalu siap untuk digunakan jika sewaktu-waktu dibutuhkan. Pembersihan dan perawatan senjata dilaksanakan dengan membongkar senjata tersebut. Setelah senjata dibongkar, seluruh komponen senjata dibersihkan menggunakan minyak senjata agar tidak berkarat dan tidak macet saat digunakan.

Sementara itu, Danyonmarhanlan III Mayor Marinir Amin Surya Laga, S.E., M.Tr.Opsla., menyampaikan bahwa saat berada di home base, memelihara kondisi senjata secara rutin harus dilakukan, agar senjata selalu siap digunakan setiap saat secara maksimal dan tidak terjadi kendala, “Dan yang paling penting dengan rutin melaksanakan perawatan senjata maka para prajurit akan selalu hafal dan paham detail-detail terkecil dari komponen senjata yang dimilikinya,” jelasnya.

Related posts