Sosialisasi Batas Wilayah Kerja Lantamal X Oleh Tim Mabesal

Jayapura, PW: Lantamal X menerima Sosialisasi Batas Wilayah kerja Lantamal X Jayapura oleh Tim Mabesal secara virtual di Aula Samudera Loka Mako Lantamal X. Kamis (25/03/21).

Kegiatan ini dihadiri oleh Komandan Lantamal X Laksma TNI Yeheskiel Katiandagho, S.E., M.M., Wadan Lantamal X, para Asisten Danlantamal X serta diikuti perwakilan dari perwira Lantamal X.

Dalam sambutan Kadisopsal Laksma TNI Deni Septiyana yang dibacakan oleh Sekdisopsal Kolonel Laut (P) Singgih Sugiarto, S.T., M.Si., selaku Kepala Tim Sosialisasi mengatakan bahwa keberadaan Lantamal X Jayapura sebagai satuan terdepan sangat penting dalam rangka menjaga kedaulatan negara di wilayah perbatasan.

Guna mendukung keberhasilan pelaksanaan tugas, maka perlu dilaksanakan sosialisasi terkait batas wilayah kerja sebagai pedoman dalam pelaksanaan tugas, memberikan pemahaman terkait kebijakan pemimpin, diantaranya kebijakan di bidang intelijen, bidang operasi, bidang hukum serta didukung data dan informasi dari Pushidrosal Indonesia guna tercapainya pelaksanaan tugas TNI AL.

Sementara itu Danlantamal X dalam sambutannya mengatakan bahwa wilayah kerja Lantamal X yang mempunyai posisi yang sangat strategis karena berbatasan langsung dengan negara PNG, banyak penangkapan ikan atau illegal fishing yang sangat merugikan NKRI sementara di wilayah perbatasan laut RI-PNG.

Menurutnya pula saat ini juga marak terjadinya lintas batas lewat laut yang ilegal apalagi hingga saat ini belum adanya pembentukan pos lintas batas terpadu yang diisi oleh personil imigrasi polisi dan TNI angkatan laut sehingga jumlah terbatas, jalur laut belum terdata dengan baik hal ini rawan akan terjadinya penyelundupan seperti narkoba.

Kegiatan ini diisi dengan pemaparan dari Tim Sosialisasi, meliputi bidang intelijen, operasi dan hukum serta pemaparan dari Disinfolahtal dan Pushidrosal, kemudian kegiatan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab.

Related posts