Pelihara Ketahanan Fisik dan Jiwa Korsa, Yonmarhanlan XII Laksanakan Hanmars

Mempawah, PW: Untuk tetap menjaga kemampuan keprajuritan maupun kesegaran jasmani Prajurit “Jaguar Yudha Khatulistiwa” Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan) XII Pontianak menggelar latihan ketahanan mars (Hanmars) sepanjang 8 Km yang diikuti seluruh personel dengan melintasi rute tiga Desa yakni Desa Tengah, Terusan dan Kuala Secapah, Kab. Mempawah – Kalimantan Barat. Selasa (23/02/2021).

Hanmars merupakan bagian dari pembinaan jasmani militer (Binjasmil) yang merupakan salah satu materi dari agenda Latihan Perorangan Dasar (LPD) Yonmarharlan XII TW I Tahun 2021. Nampak dalam pelaksanaan Hanmars kali ini, Danlantamal XII beserta Pejabat Utama Lantamal XII serta 40 anggota Polres Mempawah turut bergabung dalam kegiatan hanmars dengan mengambil start Terminal Mempawah dan finish di Yonmarhanlan XII.

“Latihan Hanmars, bertujuan untuk memupuk jiwa korsa serta melatih dan meningkatkan  ketahanan fisik, menjaga kebugaran tubuh bagi seluruh anggota Yonmarhanlan XII. Sebab dengan kondisi fisik yang sehat dan prima akan menjadikan setiap prajurit dapat melaksanakan tugas rutinitasnya dengan baik,” ujar Danyonmarhanlan XII Mayor Marinir Anton Koerniawan, M.Tr.Opsla.

Diharapkan para prajurit disamping melaksanakan tugas kewilayahan dan rutinitas harian sesuai fungsi dan bidangnya masing-masing, tetap memelihara dan menguasai pengetahuan dasar keprajuritan, serta menjaga kesiapan kondisi fisiknya, sehingga tugas pokok dapat tercapai dan kemampuan perorangan tetap terpelihara.

“Pembinaan olah raga hanmars yang diprogram secara khusus ini, tidak saja dapat memperkuat ketahanan fisik prajurit, namun juga memberi manfaat lebih yaitu meningkatkan imunitas tubuh bagi kita semua terlebih di tengah pandemi Covid-19, dan yang terpenting jangan kesampingkan faktor keamanan dan kesehatan (3M) dalam setiap pelaksanaan kegiatan,” pungkas Mayor Marinir Anton Koerniawan.

Related posts