Antisipasi Bencana, Jalasenastri Cabang 5 Korcab Pasmar 3 Siapkan Tas Siaga Bencana

Sorong, PW: Menindaklanjuti himbauan Ketua Umum Dharma Pertiwi terkait dengan banyaknya Bencana Alam yg terjadi di Indonesia membuat kita semua harus waspada dan siap bilamana bencana tersebut terjadi. Sehubungan dengan itu Jalasenastri Cabang 5 Korcab Pasmar 3 mengantisipasinya dengan mensosialisasikan Tas Siaga Bencana (TSB) bertempat di ruang Serbaguna Menbanpur 3 Marinir, Kel Majener, Distrik Salawati, Kab. Sorong, Papua Barat. Rabu (17/02/2021).

Tas Siaga Bencana adalah tas yang berisi paket perlengkapan kebutuhan dasar yang disiapkan sebelum terjadi bencana pada keadaan darurat, perlengkapan dalam tas ini berisi kebutuhan dasar individu atau keluarga pada kondisi darurat atau belum adanya bantuan yang datang. Adapun barang-barang yang perlu di persiapkan antara lain air minum botol, makanan instan, alat ibadah, pakaian ganti, obat-obatan, terpal, senter, tali tambang, perlengkapan mandi, plastik tempat handphone dan lain-lain.

Ny. Dinik Firahayu selaku Kasi Ekonomi Cabang 5 Korcab Pasmar 3  menyampaikan bahwa tas siaga bencana bertujuan untuk membantu mengurangi beban keluarga anggota yang tertimpa musibah bencana alam, tas siaga bencana juga berfungsi sebagai cadangan bertahan hidup apabila bantuan belum datang, selain itu dapat mempermudah saat evakuasi dari lokasi bencana menuju ke tempat aman.

“Simpanlah tas siaga bencana ditempat yang diketahui semua anggota keluarga, bisa juga ditempat kerja dan di kendaraan pribadi. Dengan kesiapan ini diharapkan bila bencana harus terjadi setidaknya kita sudah dapat menyikapinya agar tetap survive meskipun bantuan belum kunjung datang”, Jelasnya.

Related posts