Dandim Martapura Hadiri Rakor Relokasi Pasar Bauntung

 

BANJARBARU-PW:Selasa ( 23/2) Penutupan pasar Bautung Banjarbaru akan segara terlaksana dan para pedagang akan ditempatkan ditempat pembangunan pasar baru R.O Ulin Loktabat Selatan Banjarbaru.

Said Abdullah Plh. Walikota Banjarbaru saat memimpin rapat Relokasi dan Rencana Penutupan dan pemindahan pasar Bauntung pagi tadi yang berlangsung di Kantor walikota mengatakan, bahwa pasar akan segera kita tutup dan pedagang dipindahkan.

Sekilas pemaparan Plh Walikota Banjarbaru terkait kebijakan pemerintah dalam mengatur penertiban realokasi pasar tersebut bahwa pasar bauntung yang lama ada 609 buah bangunan / tempat berjualan yang dikelola oleh pemko Banjarbaru.

Dan pada akhir tahun 2018 pedagang yang mendaftar sebanyak 1.132 pedagang dan kapasitas pasar baru menampung sebanyak 1.072 unit.

Kemudian dinas perdagangan melakukan verifikasi untuk daftar ulang sebanyak 245 pedagang yang sudah menutup jualannya di pasar lama sebanyak 103 pedagang tempat yang akan dilakukan tahap selanjutnya

Lebih jelas ada kesepakatan kembali dengan pedagang yang melakukan daftar ulang oada senin, 22-02-2021 sebanyak 152 dan Total daftar ulang 397.

Kembali melakukan aftar ulang para petugas menindaklanjuti hari ini Selasa. 23-02-2021 dengan target pedagang sebanyak 260.

Banyaknya permintaan pedagang perpindahan kepasar baru said Abdullah akan membantu pedagang menyiapkan angkutan gratis untuk perpindahan para pedagang ke pasar bauntung baru dan menyiapkan trolly ” Ungkapnya”

Permasalahan warga juga sebagian pedagang pasar bauntung lama yang memiliki los ikan di belakang pindah ke depan jl lanan karena kalah persaiangan berdagang sehingga di tempat pasar baru akan di fasilitasi tempat sesuai peruntukannya sehingga tidak terjadi penyalahgunaan tempat seperti pasar lama

Pekerjaan pemerintah berharap Forkopimda dan Dewan DPRD dan dukungan TNI / Polri Satpol PP membantu penertiban mengembalikan fungsi jalan yang saat ini di tempati pedagang PKL pasar subuh Bauntung karena berdagang di jalan umum melanggar ketentuan sehingga tertib pedagang bisa menjadi harapan pemerintah pindah

Sementara itu Saran dari kajari agar diperhatikan dalam perjanjian kontrak di pasar baru sehingga jika ada yang memindahkan toko agar di putus kontraknya jangan sampai tidak ada ketegasan seperti di pasar lama

Terkait pengamanan Kodim 1006/ Mtp siap membantu ujar
Letkol Inf Imam Muhtarom, S.I.P .

Jika pemerintah menutup TNI siap membantu pihak kepolisian dengan personil disiapkan.

Namun kami harapkan pemerintah harus bertindak tegas kalau perlu proses hukum secara tegas dan ini tentunya TNI juga mendapat payung hukum, karena permasalahan ini untuk kelangsungan kehidupan masyarakat, kami siap membantu.

Bahwa dalam program relokasi pasar akan banyak menimbulkan masalah sehingga diharapkan agar dalam pelaksanaan relokasi dapat dilaksanakan dengan Arif, bijaksana dan pendekar kearifan lokal.(Mk-95).

Related posts