Gubernur AAL Terima 130 Taruna TNI AL Tingkat l Usai Pendidikan Integratif dari Akademi TNI

Magelang, PW: Gubernur Akademi Angkatan Laut (AAL) Laksamana Muda TNI Tunggul Suropati, S.E., M.Tr (Han) didampingi Ibu Asuh Taruna AAL, Ny. Nita Tunggul Suropati menghadiri Upacara Kenaikan Pangkat Prajurit Taruna ke Kopral Taruna sekaligus menerima 130 Taruna AAL Tingkat l TA.2020/2021 dari Komandan Jenderal Akademi TNI Marsekal Madya TNI Tamsil Malik, S.E. di Lapangan Pancasila, Akademi Militer, Magelang, Jumat (29/1).

Setelah menjalani Pendidikan Dasar Keprajuritan dan Integratif selam enam bulan di Resimen Candradimuka Akademi TNI, sebanyak 672 Prajurit Taruna dinaikan pangkatnya menjadi Kopral Taruna sebelum diserahkan ke Gubernur Akademi Angkatan untuk menjalani pendidikan lanjutan di Akademi Angkatan masing masing.

Menurut Danjen Akademi TNI, pendidikan integratif ini berlangsung dua tahap, tahap 1 selama tiga bulan dinamakan juga Pendidikan Dasar Kemitraan Akademi TNI dan Akademi Kepolisian. Pendidikan ini bertujuan untuk membangun dan mewujudkan sinergitas dan soliditas antara TNI dan Polri sejak dini, melalui generasi muda sebagai calon pemimpin TNI-Polri masa depan.

“Pendidikan ini diikuti 923 taruna yang terdiri dari 672 Taruna Akademi TNI dan 251 Taruna Akpol. Kemudian tahap ke-2 juga berlangsung tiga bulan yang diikuti Taruna Akademi TNI saja. Dari jumlah 672 Taruna Akademi TNI Tingkat l tersebut, 425 orang diantaranya adalah Taruna TNI AD, 130 Taruna TNI AL dan 117 Taruna TNI AU,” terangnya.

Pendidikan Dasar Integrasi Taruna Tingkat l Akademi TNI lanjut Danjen Akademi TNI, adalah untuk membentuk pola sikap Taruna dari masyarakat sipil menjadi seorang prajurit yang berkarakter militer, yang memiliki pengetahuan dan keterampilan dasar keprajuritan, serta memiliki kesamaptaan jasmani yang prima.

Pendidikan ini terangnya, juga diselenggarakan dengan tiga sasaran, yaitu mewujudkan Taruna dengan sikap dan perilaku yang memiliki keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, serta kepribadian sebagai Taruna yang berjiwa Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan Delapan Wajib TNI.

Kemudian mewujudkan Taruna dengan pengetahuan dan keterampilan tentang pengetahuan umum, peraturan dasar, teknik dasar dan pengetahuan bidang latihan dasar keprajuritan dan mewujudkan Taruna yang memiliki kesamaptaan jasmani disertai keterampilan renang, bela diri, senam dan medan tangkas.

Sementara itu Gubernur AAL dalam pengarahan singkatnya kepada 130 Taruna dan Taruni AAL usai upacara Kenkat dan Penerimaan Taruna dari Danjen Akademi TNI, mengucapkan selamat kepada para Taruna atas keberhasilan dalam menyelesaikan pendidikan integratif di Menchandra Akademi TNI dengan baik, hingga berhasil menyandang pangkat Kopral Taruna.

”Saya berharap, keberhasilan yang kalian peroleh ini dapat menjadi motivasi dalam melangkah dan menghadapi tugas belajar dan berlatih pada tahap lebih lanjut di AAL Morokrembangan nantinya,” pungkasnya.

Related posts