Prajurit Resimen Artileri 2 Marinir Laksanakan Rapid Test Massal Pasmar 2

(Surabaya), PW: Dalam rangka menekan penyebaran Covid-19, Jajaran Prajurit Resimen Artileri 2 Korps Marinir di bawah pimpinan Kolonel Marinir Aris Budiadi, S.Pi.,M.M., melaksanakan Rapid test massal bagi seluruh prajurit dan PNS Menart 2 Mar di Indoor Sport Ksatrian Marinir Soetedi Senaputra Karangpilang Surabaya. Kamis (07/01/2021).

Kegiatan rapid test massal tersebut, melibatkan personel dari Batalyon Kesehatan 2 Marinir yang di pimpin oleh Mayor Laut (K) drg. Phutut Khuncara Adi, Sp. Perio., selaku Dantim Penanganan Covid-19 lapangan untuk mengendalikan kegiatan agar berjalan lancar dan menggunakan APD secara lengkap.

Danmenart 2 Mar dalam arahannya mengatakan bahwa, Rapid test merupakan metode mendeteksi antibody personel Menart 2 Mar, yaitu Imunoglobulin Miu (IgM) dan Imunoglobulin Gamma (IgG), yang diproduksi oleh tubuh untuk melawan virus secara umum. Prosedur pemeriksaan rapid test antibody dimulai dengan mengambil sampel darah dari ujung jari yang kemudian diteteskan ke alat rapid test. Selanjutnya, cairan untuk menandai antibody akan diteteskan di tempat yang sama. Hasilnya akan berupa garis yang muncul 10–15 menit setelahnya.

Bila hasil rapid test reaktif, maka prajurit akan di tindak lanjuti untuk melaksanakan Rapid test Antigen yang pelaksanaan pemeriksaannya cukup berbeda. Sampel yang digunakan untuk pemeriksaan test tersebut adalah hasil swab hidung dan tenggorokan atau bisa juga air liur. Test tersebut sudah mengarah pada deteksi ada atau tidaknya antigen virus penyebab Covid-19 dalam waktu 15 menit.

”Apa pun hasil rapid test-nya, pantau terus kondisi kesehatan Anda. Bila muncul gejala Covid-19, seperti batuk, demam, suara serak, dan sesak napas, segera hubungi fasilitas layanan kesehatan untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut”, tegas Danmenart 2 Mar.

Dalam Rapid test, seluruh prajurit tetap mengacu pada protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah, yaitu dengan menggunakan masker, mencuci tangan dengan air mengalir dan menggunakan sabun serta menjaga jarak.

Related posts