Latih Kemampuan Sebagai Komponen Cadangan, 15 Pegawai Negeri Sipil Lantamal X Ikuti Latihan Menembak

Jayapura, PW: Sebanyak 15 orang PNS Lantamal X mengikuti latihan menembak senjata laras panjang di Lapangan Tembak Lantamal X, Selasa (29/12/2020). Bersama-sama dengan anggota militer yang lainnya, para aparatur sipil negara ini merasakan adrenalin yang berbeda saat menumpahkan satu persatu butir peluru 5.6 mm yang keluar dari laras senjata SS1 buatan Pindad ini.

Seperti yang dirasakan Bahri, salah satu PNS yang kesehariannya berdinas di Staf Operasi Lantamal X. Ia merasakan sensasi yang luar biasa saat mengikuti latihan ini. Menurutnya ini merupakan pengalaman yang pertama dalam hidupnya selama 20 tahun menjadi aparatur sipil negara dilingkungan Kemhan.

”Wah ini menjadi pengalaman yang berharga buat saya.”, ungkapnya diakhiri senyum.

”Rasanya jantung berdebar kencang, grogi saya, gemetar, perasaan campur aduk namun saya merasa bangga sekali bisa ikut latihan menembak ini.”, sambungnya dengan penuh semangat.

Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan dan melatih naluri tempur para aparatur sipil negara yang merupakan salah satu komponen cadangan pertahanan negara. Sebelum melaksanakan latihan menembak, seluruh para peserta terlebih dahulu diberikan pengetahuan tentang tata tertib di tempat latihan dan cara memegang serta menggunakan senjata, baik sebelum, selama dan sesudah pelaksanaan menembak oleh pimpinan/instruktur latihan Kapten Marinir Hendrik Simbiak.

Dengan jarak sasaran sejauh setiap PNS mendapatkan kesempatan menembak sebanyak 23 butir peluru tajam. Diawali dengan 3 butir peluru percobaan sikap tiarap, selanjutnya 10 butir pelaksanaan sikap tiarap dan 10 butir pelaksanaan sikap duduk atau jonggkok.

Tampak pula Komandan Lantamal X Laksma TNI Yeheskiel Katiandagho, S.E., M.M., dan Wadan Lantamal X Kolonel Marinir Daniel Kreuta serta para perwira staf Lantamal X melaksanakan latihan menembak pistol.

Related posts