Alumni Taplai Kebangsaan Angkatan III Lemhannas RI Dukung “Pilkada Sehat”

Jakarta (03/12) PW: Setelah menyelesaikan pelatihan “Pemantapan Nilai-nilai Kebangsaan Angkatan Ke III Secara Virtual” pada bulan Oktober 2020 lalu, yang diselenggarakan Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia (Lemhannas RI), Alumni Taplai Kebangsaan Angkatan III ini langsung melakukan gebrakan melalui beberapa kegiatan.

Walaupun kegiatan yang dilakukan hanya melalui virtual akibat adanya pandemi Covid-19, namun sudah membuktikan keseriusan Alumni Taplai III untuk berkontribusi positif dalam pembangunan bangsa. Kegiatan awal Alumni Taplai III ini dilakukan oleh Perhimpunan Pelajar Indonesia Tiongkok yang langsung berkolaborasi dengan Nara sumber Jenderal TNI (Purn) Luhut Binsar Panjaitan yang adalah Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi.

Hari ini (03/11) Alumni Taplai III melaksanakan webinar dengan tema “Sukseskan Pilkada Sehat, Aktualisasikan Nilai-Nilai Kebangsaan”. Kegiatan yang semula akan dibuka oleh Gubernur Lemhannas RI Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo, namun karena ada kegiatan yang lain maka diwakili oleh Deputi Taplai Lemhannas RI Laksda TNI Prasetyo Nugroho ST M.Sc dengan pesan agar Alumni Taplai III memberikan sumbangsih pemikiran dan pandangan untuk kelancaran pelaksanaan Pilkada 2020.

Dalam webinar tersebut Wakil Ketua DPR RI Dr Azis Syamsuddin menerangkan betapa pentingnya Pilkada itu. Karena melalui Pilkada maka akan menghadirkan kepemimpinan nasional yang tangguh dan tanggap. Terlebih khusus dalam menghadapi Pandemi Covid-19 yang saat ini sedang terjadi. Sedangkan Indoyanu Muhamad Tenaga Ahli KPU RI menjelaskan jika KPU telah membuat regulasi, melakukan bimtek dan simulasi yang mendalam di beberapa daerah terkait teknis penyelenggaraan Pilkada.

Indoyanu juga menambahkan jika proses penyelenggaraan pilkada serentak akan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat, termasuk pelayanan kepada pasien Covid-19. Sementara itu Kepala SPI RSPAD Gatot Soebroto yang juga merupakan Alumni Taplai III Lemhannas RI Brigjen TNI dr Subandono Bambang Indrasto Sp.M M.M menjelaskan beberapa resiko yang harus dipikirkan penyelenggara. Salah satu resiko adalah pelayanan pemilih untuk pasien Covid-19.

Karena menurut dr Subandono, resiko tertular Covid-19 itu sangat tinggi. Walaupun sudah menggunakan alat pelindung diri lengkap. Perwira tinggi bintang satu ini juga berpesan kepada penyelenggara agar jangan sampai lengah menerapkan protokol kesehatan saat bertugas. Apalagi menurutnya pada jeda waktu istirahat.

“Pada saat istirahat atau akan makan siang, pastinya semua akan membuka masker. Resiko penularan Covid-19 itu sangat besar terjadi. Jadi diharapkan agar menerapkan disiplin protokol kesehatan yang ketat untuk menjamin pilkada yang sehat”, tegas dr Subandono yang juga Ketua Dewan Penasehat Alumni Taplai III.

//Jacob Sumampouw

Related posts