Prajurit Yonmarhanlan IV Ikuti Jalannya Upacara Hari Kesaktian Pancasila Secara Virtual

Tanjungpinang, PW: Segenap Prajurit Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan) IV  Tanjungpinang mengikuti jalannya Upacara secara virtual Peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang berlangsung  di ruang rekreasi Mako Yonmarhanlan IV Jl. Hangtuah No.03 Kec. Tanjung Pinang Barat, Kota Tanjung Pinang, Provinsi Kepri, Kamis (01/10/2020).

Upacara yang diselenggarakan di Taman Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta Timur ini dipimpin langsung oleh Presiden RI Ir. H. Joko Widodo, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo membacakan teks Pancasila, dan Ketua DPD RI La Nyalla Mattalitti membacakan pembukaan UUD Negara Republik Indonesia 1945. Pada kesempatan tersebut Ketua DPR RI Puan Maharani juga membacakan dan menandatangan Ikrar Bernafaskan Persatuan Bangsa dan menjadikan Pancasila sebagai sumber kekuatan.

Seusai Upacara, Presiden Joko Widodo, Wakil Presiden KH. Ma’ruf Amin, Puan Maharani, Bambang Soesatyo, La Nyalla Mattalitti, dan Muhadjir Effendy melakukan napak tilas ke Lubang Buaya dan rumah penyiksaan tujuh pahlawan revolusi pada 30 September – 1 Oktober 1965.

Kegiatan upacara memperingati Hari Kesaktian Pancasila terpusat secara virtual ini diikuti oleh seluruh jajaran TNI AL dimana pun berada, mengingat dunia masih pada masa pandemi virus COVID-19, dengan adanya pembatasan untuk melaksanakan upacara di setiap satuan, sehingga personel yang di tunjuk untuk mengikuti upacara virtual pun terbatas, namun meskipun dilaksanakan secara virtual dan personel yang terbatas tidak menghalangi keseriusan para Prajurit Yonmarhanlan IV untuk mengikuti jalannya Upacara tersebut.

Related posts