Dukung Program Ketahanan Pangan, Prajurit Yonif 1 Marinir Laksanakan Perawatan Tanaman Hidroponik

(Sidoarjo) PW : Dalam rangka mendukung program pemerintah di masa Pandemi Covid-19, prajurit Yonif 1 Marinir melaksanakan perawatan tanaman hidroponik di belakang Markas Komando Batalyon Infanteri 1 Marinir Gedangan, Sidoarjo, Jawa Timur. Minggu (27/09/2020).

Hidroponik adalah teknik menanam dengan memanfaatkan air sebagai pengganti media tanah, teknik ini digunakan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tanaman, dengan menggunakan media Paralon, hidroponik dapat menghasilkan tanaman sama halnya seperti yang ditanam di tanah tetapi lebih praktis.

Prajurit Yonif 1 Marinir melaksanakan perawatan sayuran hidroponik dengan melakukan penyiraman, memilah tanaman yang telah mati dengan mengganti yang baru dan mengambil daun-daun yang mengering, adapun jenis tanaman yang dirawat antara lain sayuran kol, kangkung, sawi dan selada.

Komandan Batalyon Infanteri 1 Marinir Letkol Marinir Aang Andy Warta, M. Tr.Opsla menyampaikan bahwa sistem menanam hidroponik sebenarnya sangat cocok untuk diterapkan di daerah perkotaan, karena banyak menghemat tempat dan ramah lingkungan. Perawatan sayuran dan tanaman yang dilakukan prajurit Yonif 1 Marinir sangat perlu dilaksanakan, sebab pertumbuhan tanaman akan selalu terjaga, sehingga hasilnya akan maksimal.

Disampaikan juga bahwa selama pelaksanaan perawatan, prajurit Yonif 1 Marinir selalu memakai masker, menjaga physical distancing serta melaksanakan cuci tangan sebelum dan selesai melaksanakan kegiatan.

Related posts