Komandan Lanal Sanggatta Beserta Tim Lapetal Disminpersal Sosialisasi Ke Slta Di Sangatta

TARAKAN – PW: Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Sangatta Letkol Laut (P) Osben A. Naibaho, M.M., M.Tr.Hanla. beserta Tim Lapetal Disminpersal melaksaanakan sosialisasi dan Promosi Penerimaan Calon Prajurit TNI AL kepada siswa siswi Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTA) yang berlangsung di Hall Mako Lanal Sangatta, Kabupaten Kutai Timur, Kalimantan Timur, Rabu (16/09/20).

Wakil Ketua Lapetal Disminpersal Letkol Laut (P) Sapta Raharja dalam sambutannya menerangkan bahwa, salah satu negara maritim dengan jumlah pulau terbesar di dunia yang menurut data nasional ada sebanyak 17491 pulau dengan luas wilayah laut sekitar 6,32 juta Km persegi, peran TNI Angkatan Laut sebagai komponen utama pertahanan di wilayah lautan Indonesia menjadi Garda terdepan NKRI untuk menjawab setiap dinamika dan tantangan dalam melindungi kedaulatan, sehingga semakin banyak dibutuhkan personil-personil TNI Angkatan Laut yang berkualitas untuk mengemban tugas dalam mengawaki organisasi TNI Angkatan Laut dan Alutsista yang ada terutama di kapal perang dan satuan-satuan operasional yang berada di pulau-pulau terluar wilayah Indonesia. Kegiatan yang diselenggarakan TNI Angkatan Laut ke berbagai daerah di seluruh Indonesia ini dapat terlaksana sebagai bentuk kepedulian para generasi muda yang akan melanjutkan ke jenjang berikutnya serta sebagai wujud kampanye. Lembaga Penyediaan Tenaga Angkatan Laut yang sedianya bertugas dalam merekrut putra-putri terbaik bangsa untuk dapat dipilih menjadi personel TNI Angkatan Laut, ditujukan seluas-luasnya agar semakin banyak putra-putri Indonesia yang tertarik dan berminat untuk bergabung menjadi prajurit TNI Angkatan Laut. Setelah melewati proses seleksi yang diselenggarakan di masing-masing Panitia Daerah, selanjutnya akan dikirim ke Panitia Pusat yang terdapat di Malang, Jawa Timur untuk melaksanakan seleksi selanjutnya dan ini juga bertujuan untuk mengenalkan para siswa siswi SLTA kepada TNI Angkatan Laut. Secara umum sebagai suatu Instansi Militer yang memiliki tugas pokok menjaga kedaulatan negara di perairan nusantara serta diharapkan munculnya semangat patriotisme dalam diri para peserta sosialisasi dan yang lebih utama adalah menumbuhkan minat untuk dapat bergabung menjadi Prajurit TNI Angkatan Laut yang profesional dan berdedikasi tinggi.

Pada acara sosialisasi tersebut juga di rangkai dengan beberapa kegiatan diantaranya, pemutaran video tentang TNI AL, Fashion/Uniform Show, Dialog Interaktif/Games, penyerahan Cindramata/Plakat, menyanyikan lagu Padamu Negeri, Yel-yel, foto bersama dan Ramah tamah.

Hadir dalam acara tersebut antara lain, Kolonel Laut (P) Wisnu Agung Periambodo, M.M., CHRMP., Letkol Laut (P) Sapta Raharja, Mayor Laut (E) Andri Yusuf Kristmas Lakipundu R., S.T., anggota pendukung dan Perwira Staf Lanal Sanggata serta para guru.

Related posts