Jaga Normalisasi Sistem Pengairan Persawahan, Ini Yang Di Lakukan Serda Ady

 

Kandangan-PW:Demi menjaga normalisasi sistem pengairan persawahan di wilayah binaan, Babinsa Koramil 1003-01 Telaga Langsat, Kodim 1003 Kandangan, Serda Ady P. melaksanakan pengecekan saluran irigasi tepatnya di saluran irigasi Desa Mandala Kecamatan Telaga Langsat Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Sabtu(8/8).

Seperti sudah kita ketahui bersama, bahwa irigasi merupakan urat nadi bagi pertanian di wilayah Desa Mandala,  itu artinya sistem irigasi memiliki fungsi yang sangat penting dan vital sebagai sumber pemasok air bagi ribuan hektar persawahan disana.

Sebagai seorang Babinsa yang memiliki tanggung jawab di setiap jengkal tanah  diwilayah binaanya, Serda Ady bersama-sama dengan petugas pengairan melakukan pengecekan di saluran irigasi.

Serda Ady P. mengatakan bahwa,”Saluran irigasi mempunyai peran yang sangat penting dalam hal penyaluran air ke persawahan, jika saluran irigasi ini rusak atau tersumbat, maka pendistribusian air pun akan menjadi terhambat, maka untuk itu kita bersama sama petugas mengecek saluran irigasi ini agar penyaluran air ke persawahan dapat berjalan dengan lancar,”Ucapnya

“Kami bersama Petugas pengairan selalu memperhatikan serta mengecek saluran irigasi, apabila ada yang dipenuhi rumput ataupun tersumbat kita akan mengupayakan normalisasi saluran irigasi secara manual agar dapat memperlancar aliran air ke persawahan warga,”jelasnya.

Lebih lanjut ia menuturkan bahwa,”kegiatan ini merupakan bagian dari kegiatan pendampingan pertanian sekaligus tanggungjawab semua, sehingga petani dalam melaksanakan musim tanam dan musim panen padi tidak ada hambatan terutama masala air, di samping itu juga dalam rangka mendukung program pemerintah tentang swasembada pangan di kabupaten HSS agar bisa tercapai,” Ungkapnya.(Mk-95).

Related posts