OTG ODP PDP Berubah, Ini Istilah Barunya !

Kota Sorong, PW: Pandemi Covid-19 yang melanda dunia secara global dan Indonesia secara khusus, ada beberapa istilah atau penyebutan yang dikeluarkan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia bagi para pasien Covid-19. Istilah lama yaitu Orang Tanpa Gejala (OTG), Orang Dalam Pemantauan (ODP), Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dan juga positif Covid-19, merupakan hal yang sudah diketahui semua orang.

Namun saat ini istilah-istilah tersebut oleh Pemerintah Pusat melalui Kementerian Kesehatan, sudah diganti atau diperbaharui. Bertempat di Posko Covid-19 Kompleks Kantor Wali Kota Sorong (6/8), Ketua Tim Surveilen Jenny Isir SKM menjelaskan istilah-istilah baru dalam Covid-19. Menurut Jenny Isir istilah OTG ODP, PDP dan positif sudah berubah, sesuai dengan pedoman terbaru dari Kementerian Kesehatan.

Diterangkannya untuk Orang Tanpa Gejala (OTG) sekarang istilahnya diubah menjadi kontak Erat. Kemudian untuk Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) diubah menjadi Suspect. Jadi suspect ini bagi yang sudah bergejala. Kemudian istilah Probable adalah bagi kasus suspect dengan ISPA berat atau meninggal dengan gejala klinis yang mengarah ke Covid-19. Namun belum dilakukan pemeriksaan PCR. Itu yang masuk dalam probable.

Selanjutnya Discharded itu pengertiannya sudah selesai pemantauan atau sudah negatif. Istilah-istilah ini yang dipakai untuk merubah istilah-istilah yang pertama. Kemudian untuk Positif, istilah barunya adalah Konfirmasi. “Jadi istilah-istilah baru inilah yang saat ini dipakai, mengganti istilah-istilah lama sesuai pedoman dari Kementerian Kesehatan”, beber Jenny Isir.

10 Warga Kampung Baru Kota Sorong, Terkonfirmasi Covid-19

*Jacob Sumampouw

Total Views: 616 ,

Related posts