Komandan Kodiklatal Buka Dikmaba dan Dikmata PK TNI AL Program Khusus Putra Papua Angkatan ke 1 Tahun 2020

Sorong, PW: Komandan Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Dankodiklatal) Laksda TNI Nurhidayat secara resmi membuka program Pendidikan Pertama Bintara (Dikmaba) dan Pendidikan Pertama Tamtama (Dikmata)  Prajurit Karier (PK)  TNI Angkatan Laut Program khusus putra  Papua Angkatan ke- 1 Tahun 2020.

Pembukaan pendidikan yang dilaksanakan di Mako Koarmada III Katapop, Distrik Salawati, Kabupaten Sorong, Papua Barat, Sabtu, (1/8) yang lalu diikuti 200 orang dengan rincian 100 orang siswa Dikmaba dan 100 siswa Dikmata. Dari 100 orang Dikmaba terdiri 83 orang pria dan 17 orang sisanya Wanita.

Hadir dalam pembukaan tersebut Pangkoarmada III Laksda TNI Dadi Hartanto, M.Tr. (Han), Danpasmar III Sorong Brigjen TNI Mar Edi Juardi, Wadan Lantamal XIV Sorong, Wali Kota Sorong Drs. Ec. Lambertus Jitmau, M.M., Wakil Bupati Sorong Suka Harjono, S.Sos. M.Si,  dan sejumlah pejabat Forkopimda Kota dan Kabupaten Sorong.

Komandan Kodiklatal Laksda TNI Nurhidayat dalam amanatnya mengucapkan selamat atas keberhasila para siswa dalam menyelesaikan seleksi dan dinyatakan lulus untuk mengikuti pendidikan Dikmaba dan Dikmata PK TNI AL program khusus Putra Putri Papua angkatan ke1 Tahun 2020

Adapun tujuan pendidikan Dikmaba dan Dikmata ini adalah untuk mendidik dan membekali para siswa agar mampu bersikap dan berperilaku sebagai prajurit pejuang Sapta Marga, memiliki kesamaptaan jasmani sesuai standar Binjas TNI/TNIAL dan  memiliki kemampuan untuk melaksanakan tugas sebagai bintara dan tamtama TNI AL  dengan baik.

Adapun pendidikan ini akan dilaksanakan selama enam bulan yang terbagi dalam tiga tahap, tahap pertama pendidikan dasar keprajuritan selamat tiga bulan di Mako Koarmada III Katapop. Tahap kedua pendidikan dasar golongan selama satu bulan di Lantamal XIV Sorong, dan tahap ketiga pendidikan dasar golongan lanjutan selama dua bulan di Mako Koarmada III Kota Sorong serta pelaksanaan latihan praktek menggunakan KRI di jajaran Koarmada III.

Dankodiklatal juga menyampaikan bahwa pelaksanaan program pendidikan ini merupakan momentum yang tepat untuk mencari pemuda pemudi berprestasi dari putra daerah Papua yang diproyeksikan untuk mengawaki alut sista seperti di KRI dan satuan pendirat di wilayah Timur Indonesia.

Untuk itu pelaksanaan pendidikan ini merupakan tantangan tugas yang tidak ringan, diperlukan usaha dan kerja keras dari kita semua agar program pendidikan ini dapat berjalan dengan baik, aman dan lancar sesuai yang diharapkan bersama serta menghasilkan sumber daya manusia prajurit TNI AL yang bermoral profesional dan berani.

Kepada para siswa Dikmaba dan Dikmata Dankodiklatal selamat datang dan selamat berlatih di Pusdiklat TNI AL Sorong, semoga para siswa mampu menyelesaikan pendidikan ini dengan baik aman dan lancar. Sedangkan kepada Dansatgas Pusdiklat TNI AL Sorong Dankodiklatal menyampaikan ucapan terima kasih atas usaha dan penyiapan sarpras selama ini yang telah berjalan lancar.

Total Views: 328 ,

Related posts