Satgas Pamtas Yonif 623/BWU Pos Bambangan Temukan Munisi Mortir di Perbatasan RI-Malaysia

Sebatik-PW : Benda berbahaya ditemukan di perbatasan Indonesia-Malaysia. Baru-baru ini TNI melalui Satgas Pamtas Yonif 623/BWU menemukan munisi mortir di Desa Bambangan, Kecamatan Sebatik Tengah, Kabupaten Nunukan, Provinsi Kalimantan Utara, Sabtu (3/7/2020).

Hal tersebut disampaikan Danpos Bambangan Letda Inf Agus S. Abidin, mengatakan munisi mortir kaliber 81 mm tersebut ditemukan atas laporan warga Bapak Saka (51) tidak sengaja menemukan di kebun miliknya.

Menindak lanjuti laporan tersebut, Danpos beserta 2 anggotanya langsung mengecek ke tempat kejadian perkara (TKP) demi memastikan kebenaran penemuan munisi.

Persis sebagaimana laporan warga bahwa ada munisi mortir di kebunnya. Saat ditemukan, benda berbahaya ini dalam kondisi sudah berkarat karena telah lama tertimbun tanah.

“Diduga munisi mortir kaliber 81 mm itu merupakan amunisi bekas konfrontasi dengan negara Malaysia di Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara, yang terjadi pada tahun 60’an. Granat tersebut diduga tidak meledak saat konfrontasi terjadi,”ungkap Letda Inf Agus.

“Kini munisi mortir kaliber 81 mm itu dibawa ke Pos Bambangan untuk diidentifikasi dan diisolasi karena disinyalir masih dapat meledak sewaktu-waktu,”pungkas Danpos.(Mk-95).

Total Views: 261 ,

Related posts

Leave a Comment