Dandim 1003 Kandangan, Babinsa Di Lapangan Sebagai Garda Terdepan Untuk Capai Target Sejuta Akseptor KB

Kandangan-PW : Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) Ke-27 Tahun 2020 di laksanakan berbeda dengan peringatan Harganas pada Tahun-tahun sebelumnya, di karenakan pada tahun ini kita semua menghadapi situasi pandemi Covid19.

Pada tahun ini peringatan Harganas di laksanakan terpusat di Halaman Sekretariat Daerah Kabupaten HSS, kab. HSS dengan sederhana serta memperhatikan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid19.

Peringatan Harganas ke 27 Tahun 2020 ini mengusung tema “Melalui Keluarga, Kita Wujudkan Sumberdaya Manusia Unggul Menuju Indonesia Maju”.

Sebagai Pembina Apel adalah Bupati HSS, Drs. H. Achmad Fikry, MAP, Dalam sambutan tertulisnya menyampaikan bahwa,”peringatan Harganas tahun ini sedikit berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, dalam suasana wabah Covid-19 yang masih melanda”.

“Hikmah terbaik Untuk keluarga dari wabah Covid-19 ini, adalah makin lebih banyaknya kesempatan untuk berkumpul bersama keluarga, dan sosialisasi tentang protokol kesehatan juga lebih bisa ditanamkan dalam keluarga masing-masing, Dan ini harus dimanfaatkan sebaik-baiknya.

Penanggulangan Covid-19 akan efektif apabila masyarakat memiliki kesadaran yang tinggi mengikuti segala aturan sesuai protokol kesehatan, dan itu dimulai dari dalam keluarga” tuturnya.

Setelah pelaksanaan apel peringatan di lanjutkan dengan kegiatan pelepasan balon udara oleh Ketua Tim Penggerak PKK kabupaten HSS, Hj. Isnaniyah Achmad Fikry yang didampingi oleh para Ibu-Ibu Ketua Organisasi Wanita.

Kemudian di lanjutkan Bupati H. Achmad Fikry bersama dengan Dandim 1003 kandangan dan forkopimda melihat langsung kegiatan Pelayanan Akseptor KB Gratis yang dilaksanakan di halaman sekretariat daerah. Pelayanan KB gratis ini dilakukan secara serentak di semua kecamatan, dan di kabupaten secara simbolis menggunakan mobil operasional keliling, dengan dukungan para tenaga kesehatan dan personil TNI dari Kodim 1003 Kandangan, yang juga ikut terlibat langsung dalam membantu kegiatan ini.

Saat wawancara Usai kegiatan Bupati menambahkan bahwa kegiatan ini adalah upaya dalam mendorong keluarga menjadi garda terdepan dalam mencegah penularan Covid-19.

Sementara itu dijelaskan oleh Kepala Dinas PPKB & PPPA, Dra.Hj. Is Susilastuti bahwa target nasional kegiatan ini adalah sejuta akseptor, dan untuk Kabupaten HSS mendapat jatah 2.399 orang yang akan dilayani secara gratis secara serentak hari ini.
“Alhamdulillah dari jatah yang ada sampai saat ini sudah melampaui target yang ada, yakni sudah mencapai 124%,” Ucapnya.

Pelayanan sendiri tetap akan dilaksanakan sampai dengan jam 4 sore. Adapun pelayanan yang ada berupa pemasangan Implan (IUD), Suntikan dan Pil. Semua input data akan dilaporkan secara online ke pusat, secara lengkap sesuai data kependudukan yang ada” ungkapnya.

Sedangkan Dandim 1003 Kandangan, Letkol Arm. Dedy Soehartono, S.IP menyampaikan bahwa,”Pihak TNI dari Kodim 1003 Kandangan terlibat langsung dalam kegiatan ini, kodim kandangan mengerahkan seluruh Babinsa di 11 Kecamatan untuk mendampingi pendataan dan membantu pelayanan tim petugas KB, di samping itu juga mendorong dan mengarahkan warga masyarakat untuk mengikuti kegiatan ini”.

“Kami berharap agar warga masyarakat bisa memanfaatkan dan datang mengikuti kegiatan ini, karena ini dilaksanakan secara serentak dan tanpa dipungut biaya,” harapnya.

“Ini adalah wujud nyata peran tni dalam mensukseskan Harganas, kita berada di garis depan agar kabupaten HSS dapat mencapai target, Sesuai data yang ada Alhamdulillah sekarang sudah mencapai 124 %, ini berkat kerja sama tim kb bersama babinsa kami yang ada di lapangan.”pungkasnya.(Mk-95).

Total Views: 410 ,

Related posts

Leave a Comment