Taruna Melaksanakan Ziarah Dan Penanaman Pohon

Magelang, Minggu (28/6/2020) – PW: Taruna Akmil Tingakat IV kembali menunjukkan kecintaan terhadap alam dengan menanam Pohon Gaharu di depan paviliun 34 Akmil. Serbagai rangkaian Tradisi Korps Taruna menjelang akan dilaksanakan Tupdik dan Praspa Taruna Tingakat IV bulan Juli Mendatang di Akmil Magelang. Dilanjutkan ziarah ke TMP Giri Dharmo Loyo Akmil Magelang, TMP Gatot Soebroto, TMP Semaki dan Monumen Plataran Jogja, yang di hadiri oleh seluruh Taruna Tingkat IV tiap tiap TMP 10 Taruna yang dilaksankan secara serentak.

Penanaman bibit pohon Gaharu di Paviliun 34 di wakili oleh Sermatutar Angga Andhika Yudha No. Akademik  2016.003 (Taruna tertua, saat Pendidikan di Akmil sebagai Danmen Korps Taruna) dan hadiri para Taruna Tingkat IV sejumlah 224 Taruna.

“Kegiatan ini untuk membentuk karakter Taruna serta membangun kesadaran akan pentingnya menjaga kelestarian alam. Penanaman bibit pohon Gaharu dalam langkah penghijauan”, ujar Sermatutar Angga Andhika Yudha. “Tanaman gaharu yang dikenal berasal dari marga tumbuhan bernama Aquilaria memiliki manfaat antara lain sebagai bahan pembuat obat dan parfum. Kayu bila dibakar mempunyai kandungan resin atau damar wangi yang mengeluarkan aroma dengan keharuman yang khas,” terangnya.

Bahkan tanaman Gaharu pun tak jarang diperlukan sebagai bahan baku industri parfum, obat-obatan, kosmetik, dupa dan pengawet berbagai jenis aksesoris serta untuk keperluan kegiatan agama bagi pemeluk Islam, Budha dan Hindu. “Seiringnya dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi industri, Gaharu berguna sebagai bahan obat-obatan seperti anti asmatik, anti mikroba, stimulant kerja syaraf dan pencernaan. Akan tetapi jenis tumbuhan ini sudah termasuk langka, karena banyak di tebang dan harga jualnya pun tinggi,” tuturnya.

Selanjutnya di TMP Giri Dharmo Loyo, Sermatutar Angga Andhika Yudha memimpin penghormatan kepada arwah para Pahlawan, selain itu melakukan tabur bunga sebagai tanda penghormatan pada jasa para pahlawan yang gugur berjuang demi Bangsa Indonesia.

 

“Kegiatan ini sebagai wujud penghargaan dan penghormatan kepada para Pahlawan yang berjasa dan berkorban mempertaruhkan jiwa raga dan harta benda demi berdiri tegaknya Negara Republik Indonesia,” ujar Sermatutar Angga Andhika Yudha.

Dalam kegiatan menjelang Akhir massa pedidikan di Akmil, para Taruna Tingkat IV melaksankan ziarah ke TMP Giri Dharmo Loyo Akmil sudah menjadi agenda rutin untuk mengingatkan dan mengenang kembali jasa-jasa pahlawan kepada Negara dan Bangsa.

“Selain itu dengan ziarah ke TMP akan memberikan motivasi serta semangat para Taruna untuk terus memajukan bangsa, memberikan pengabdian terbaik kepada Negara dan Bangsa,” tegasnya.

Total Views: 397 ,

Related posts

Leave a Comment