Diskominfo Teluk Bintuni Fungsikan Kembali BTS di Kampung Tirasai

Bintuni, PW: Setelah beberapa waktu tidak berfungsi, akhirnya BTS di Kampung Tirasai Distrik Manimeri Kabupaten Teluk Bintuni, hari ini (22/5) kembali berfungsi. Kembali berfungsinya BTS Tirasai tersebut merupakan hasil tindak lanjut Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik (Diskominfo PS) Kabupaten Teluk Bintuni atas keluhan masyarakat Tirasai dan sekitarnya.

Oleh sebab itu Diskominfo PS Kabupaten Teluk Bintuni melalui Daud F X Pattiwael S.Pd yang adalah Kabid Aplikasi dan Informatika, menggandeng pihak Telkomsat untuk memperbaiki BTS yang bermasalah tersebut. Setelah dilakukan pengecekan oleh Ampi Usmany Teknisi Telkomsat, akhirnya diketahui penyebab tidak berfungsinya BTS di Kampung Tirasai tersebut.

Menurut Ampi, modem bermasalah akibat sering mati hidup. Sehingga diganti modem baru yang sudah dipersiapkan sebelumnya. Setelah beberapa saat diperbaiki, akhirnya BTS langsung kembali berfungs dengan normal. Dengan berfungsinya BTS tersebut, masyarakat Kampung Terasai merasa sangat gembira. Karena bisa menikmati kembali layanan informasi, baik melalui telepon seluler dan lainnya.

Sofater Mofu sebagai tua-tua Kampung Tirasai mengapresiasi Diskominfo PS Kabupaten Teluk Bintuni yang memfungsikan kembali BTS di Kampung Tirasai. “Jaringan disini sudah lama tidak berfungsi. Sehingga untuk mengakses informasi khususnya internet, masyarakat harus pergi ke Bintuni. Dengan berfungsinya BTS disini, maka kami akan monitoring bersama Kepala Kampung dan kami akan kawal”, ujar Sofater Mofu.

Daud FX Pattiwael S.Pd Kabid Aplikasi dan Informatika Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik Kabupaten Teluk Bintuni di lokasi tersebut menyampaikan bahwa untuk saat ini, BTS di Kampung Tirasai hanya bisa berfungsi pada siang hari. “Hanya bisa berfungsi pada siang hari, jika ada sinar matahari. Karena power baterai tidak bisa menyimpan daya. Untuk itu Diskominfo akan mengkoordinasikan dengan Kemenkominfo BAKTI Jakarta dan PMU-Mitratel, agar tim radio dan power dapat kembali mengecek perangkat tersebut. Diperbaiki atau diganti”, ujar Daud.

Daud menambahkan bahwa ini merupakan bagian Visi Misi dari Bupati Kabupaten Teluk Bintuni Ir Petrus Kasihiw MT dan Wakil Bupati Matret Kokop SH yang ditindaklanjuti Kepala Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik Drs Markus Sraun M.Si melalui Kabid Aplikasi dan Informatika. Dimana Visi Misi tersebut untuk membawa Kabupaten Teluk Bintuni menuju “Bintuni Smart City” jika diartikan dalam bahasa Indonesia berarti “Bintuni Kota Pintar”.

*Jacob Sumampouw

Total Views: 2268 ,

Related posts

Leave a Comment