Optimalkan Pelayanan, Diskominfo Teluk Bintuni Cek Tower BAKTI Kominfo di Kampung Botai Baru

Bintuni, PW: Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik (Diskominfo PS) Kabupaten Teluk Bintuni terus berkomitmen melayani masyarakat yang ada di tanah Sisar Matiti dengan layanan telekomunikasi melalui jaringan seluler. Jika pada tahun-tahun sebelumnya, Kabupaten Teluk Bintuni menggunakan jaringan 2G, namun saat ini sudah ada pada jaringan 4G.

Peningkatan tahapan jaringan seluler dari 2G ke 4G tersebut merupakan hasil kerja keras dan kerja nyata Diskominfo PS Kabupaten Teluk Bintuni untuk masyarakat Sisar Matiti. Dimana sampai saat ini di Kabupaten Teluk Bintuni sudah terpasang dan sudah beroperasi 47 BTS program Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) berbasis 4G dan terbanyak se Papua Barat. Namun dengan beroperasinya BTS-BTS tersebut, harus juga dibarengi dengan pengawasan serta perawatan.

Base Transceiver Station (BTS) Triangle yang dalam bahasa Indonesia diartikan mengirimkan dan menerima sinyal radio ke perangkat komunikasi seperti telepon rumah, telepon seluler dan sejenis gadget lainnya atau biasa disebut stasiun pemancar ini, sangat membantu masyarakat Kabupaten Teluk Bintuni. Karena dengan adanya 47 BTS berbasis 4G yang menjangkau sampai ke pelosok kampung-kampung, membuat masyarakat mendapatkan informasi dengan mudah dan cepat.

Untuk itu Diskominfo PS Kabupaten Teluk Bintuni terus melakukan pengawasan dan pemantauan, seperti yang dilakukan Daud F X Pattiwael S.Pd selaku Kabid Aplikasi dan Informatika Diskominfo PS Kabupaten Teluk Bintuni bersama Ampi Usmany Teknisi Telkomsat Sorong, saat mengecek Tower BAKTI Kominfo di Kampung Botai Baru (21/5). Karena informasi yang disampaikan masyarakat, bahwa ada 5 BTS yang tidak berfungsi dengan baik. Salah satunya adalah BTS di Kampung Botai Baru, sehingga dilakukan perbaikan.

Menurut Daud Pattiwael, pengawasan dan perbaikan untuk BTS yang tidak berfungsi baik tersebut untuk mengoptimalkan kembali layanan informasi kepada masyarakat di sekitar BTS. “Perbaikan ini dari sisi satelit oleh pihak Telkomsat. Di sisi lain akan dilakukan pembaharuan kontrak kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Teluk Bintuni dan PT Telkom Indonesia dalam hal layanan jaringan internet Wi-Fi”, jelas Daud.

“Pemerintah Kabupaten Teluk Bintuni juga akan melakukan MoU dengan PT Telkomsel Wilayah Papua Barat terkait sewa-menyewa BTS di area Kabupaten Teluk Bintuni. Ada 3 BTS yang dilakukan MoU yaitu BTS Site Manimeri berlokasi di sekitar area Kantor Bupati Kabupaten Teluk Bintuni, BTS Site Bintuni berlokasi di sekitar area Kantor Dinas Pendidikan dan BTS Site Mayado yang berlokasi di sekitar area Kantor Distrik Mayado”, tandas Daud.

*Jacob Sumampouw

Total Views: 2194 ,

Related posts

Leave a Comment