DANLANTAMAL XIV PIMPIN APEL GABUNGAN SATUAN TUGAS TERPADU COVID-19 PENGAWASAN MODA TRANSPORTASI LAUT

Kota Sorong, PW: Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) XIV Brigjen TNI (Mar) Suaf Yanu Hardani memimpin Apel Gabungan Satuan Tugas Terpadu Covid-19 Pengawasan Moda Transportasi Laut di Perairan Sorong. Bertempat di Dermaga Pelabuhan Umum Jl. Ahmad Yani Kota Sorong, Prov. Papua Barat.

Apel gabungan tersebut bersinergi dengan 11 (Sebelas) instansi Kota Sorong diantaranya Lantamal XIV, Polairud Polda Papua Barat, KSOP Kota Sorong, Kejari Kota Sorong, Pemda Kota Sorong, Dinkes Kota Sorong, Imigrasi Kotas Sorong, Disnav Kota Sorong, Pelindo Kota Sorong, Pelni Kota Sorong, dan Kesehatan Pelabuhan Kota Sorong. Kegiatan ini dalam rangka pengawasan terhadap perjalanan orang di Pelabuhan, hal ini menyusul setelah terbitnya Surat Edaran Walikota Sorong Nomor 500/270 tanggal 11 Mei Tahun 2020 tentang menindak lanjuti perkembangan penyebaran Covid-19 di Kota Sorong dan juga untuk tetap menggerakkan ekonomi masyarakat kecil di Kota Sorong yang terdampak pandemi Covid-19 serta untuk tetap menyediakan informasi kepada masyarakat di Kota Sorong.

Dalam hal ini Danlantamal XIV yang sebagai Dansatgas Terpadu Covid-19 Pengawasan Moda Transportasi Laut di Perairan Sorong mengatakan “Kegiatan yang diselenggarakan hari ini pada hakekatnya merupakan sarana dan upaya untuk menyamakan persepsi dalam mempercepat penanganan penyebaran Covid-19 di wilayah Sorong Raya agar dalam pelaksanaan dapat berjalan dengan baik dan optimal. Virus Corona adalah sebuah keluarga virus yang ditemukan pada manusia dan hewan sebagian virus hanya dapat menginfeksi manusia serta menyebabkan berbagai penyakit mulai umum seperti flu hingga penyakit-penyakit yang lebih fatal seperti Middle East Respiratory Syndrome (MERS) dan Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS)”.

“Gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 Provinsi Papua Barat menyebutkan ada 4 daerah telah terjadi transmisi lokal atau penyebaran dalam daerah yaitu Kota Sorong, Kabupaten Sorong, Kabupaten Raja Ampat, dan Kabupaten Teluk Bintuni. Garda terdepan penanggulangan Covid-19 adalah masyarakat kemudian pemerintah beserta jajaran TNI-Polri serta tim medis sebagai penjaga gawang atau benteng pertahanan terakhir, untuk itu diminta kepada semua pihak agar tidak mengeluarkan pernyataan yang dapat menimbulkan kepanikan masyarakat apalagi berita yang disampaikan belum tentu kebenarannya. Mari kita cegah berita hoax agar aktivitas kita tetap terjaga karenanya sangatlah dibutuhkan kerjasama dari semua pihak terkait dan juga harus mendapatkan perhatian yang serius”. Tegas Danlantamal XIV.

Adanya pengecualian penggunaan transportasi laut pada orang dan kegiatan tertentu, untuk dapat diberikan pelayanan secara terbatas, di iantaranya bagi kapal-kapal penumpang yang melayani perjalanan orang yang bekerja pada lembaga pemerintah/swasta/swasta asing (kapal khusus), melayani perjalanan pasien yang membutuhkan pelayanan kesehatan darurat, melayani perjalanan orang yang anggota keluarga intinya sakit keras atau meninggal dunia, melayani perjalanan repatriasi Pekerja Migran Indonesia (PMI), WNI dan pelajar/mahasiswa yang berada di luar negeri, melayani pemulangan orang dengan alasan khusus serta kapal penumpang yang beroperasi mengangkut barang logistik (barang pokok dan penting, obat-obatan dan peralatan medis serta barang esensial lainnya yang dibutuhkan daerah). Satuan Tugas Terpadu Covid-19 Pengawasan Moda Transportasi Laut Perairan Sorong ini mendirikan 5 (lima) Posko/Posmat/Pos tinjau yang berada di Pelabuhan Kota Sorong, Danlantamal XIV berharap pengendalian transportasi dapat dilakukan secara sinergi di lapangan dan seluruh stakeholders.

Hadir pada giat tersebut Wadan Lantamal XIV Kolonel Laut (P) Robertus T. Waskito, S.E., M.M., Walikota Sorong Drs. Ec. Lamberthus Jitmau, M.M., para Asisten Danlantamal XIV, Sekda Kota Sorong Dra. Wely Tigtigweria, Kajari Kota Sorong I. Ketut Maha Agung, S.H., M.H., Dirpol Airud Polda Papua Barat Kombes Eko Indrianto,S.Ik., Kepala KSOP Pelabuhan Sorong Takwim Masiku, Kepala ASDP Sorong Partogi Tamba, Kepala Pelni Sorong Marthin Heriyanto, Kepala Pelindo Sorong Raplin Halid, Kepala dinas Kota Sorong Hermanus Kalasua, S.St., dan Kadispora Kota Sorong Fanik Tehupeiry, S.Sos., M.H.

Total Views: 80 ,

Related posts

Leave a Comment