Tingkatkan Hasil Panen, Babinsa Madiun Dampingi Petani Lakukan Penyiangan

0

Madiun, PW: Pendampingan kepada para petani di wilayah Kodim 0803/Madiun sampai kini masih terus berlangsung. Seperti yang dilakukan Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 0803/14 Dagangan, Kodim 0803/Madiun Pelda Sunaryono yang membantu melakukan penyiangan tanaman padi di lahan milik Subeki Poktan Ngudi Rahayu, Dusun Ngetreb, Desa Segulung, Kacamatan Dagangan, Kabupaten Madiun, Senin (20/12020).

Di sela-sela kegiatan, Pelda Sunaryono menuturkan, penyorokan atau pembersihan rumput liar atau gulma pada tanaman padi merupakan bagian dari perawatan tanaman padi.

“Keberadaan gulma ini tidak bisa dibiarkan karena sangat mengganggu tanaman induk padi terlebih pada masa pertumbuhan hingga pematangan,” ujarnya.

“Gulma ini harus dibasmi, bila tidak akan mengakibatkan tanaman padi kekurangan unsur hara, air dan cahaya bahkan menghambat perkembangan anakan tanaman padi yang berdampak pada menurunnya produksi hasil panen,” jelas Pelda Sunaryono.

“Persaingan gulma dengan tanaman padi dalam proses pertumbuhan hingga masa pematangan sangat besar sekali pengaruhnya terhadap penurunan hasil panen,” pungkasnya.

Total Views: 24 ,
Share.

Comments are closed.