Prajurit Yonmarhanlan VII Ikuti Peringatan Hari Dharma Samudera Di Mako Lantamal VII Kupang

0

(Kupang), PW: Komandan Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan VII Letkol Marinir Faried Safri Ahmad beserta segenap prajurit mengikuti upacara peringatan hari Dharma Samudera tahun 2020 di Mako Lantamal VII Kupang, Nusa Tenggara Timur. Rabu (15/01/2020).

Upacara peringatan hari Dharma Samudera tahun 2020 diawali dengan pengibaran bendera merah puith yang dilanjutkan dengan pembacaan sejarah singkat peringatan Hari Dharma Samudera yang dibacakan oleh Serda Apm/W Sari Tia Amnifu, yang dilanjutkan dengan pembacaan amanat Kepala Staf TNI AL (Kasal) oleh Komandan Lantamal VII Laksamana Pertama TNI IG Kompiang Aribawa yang bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup).

Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E.,M.M., dalam amanat tertulis yang dibacakan oleh Irup menyampaikan bahwa pertempuran laut Arafuru yang terjadi pada tanggal 15 Januari 1962 merupakan peristiwa heroik dalam sejarah Angkatan Laut kita yang ditunjukkan pelaut-pelaut kita dibawah kepemimpinan Komodor Yos Sudarso, sebagai prajurit laut, beliau menunjukkan keteladanan dan inspirasi kepemimpinan dalam melaksanakan tugas yang diemban, sifat rela berkorban dan ikhlas dalam bekerja merupakan nilai nilai luhur yang ditunjukkan dalam peristiwa tersebut.

Lebih lanjut, pertempuran yang kita hadapi saat ini dalam mewujudkan kedaulatan dan keutuhan wilayah Negara kesatuan Republik Indonesia (NKRI) tidak banyak berubah, namun hanya menunjukkan karakter pertempuran yang berbeda, segala tantangan menyangkut batas laut teritorial NKRI menjadi pekerjaan rumah bagi pemerintah Indonesia dan khususnya TNI Angkatan Laut, oleh sebab itu, nilai-nilai kejuangan Komodor Yos Sudarso tersebut wajib diwarisi oleh seluruh prajurit TNI Angkatan Laut saat ini.

Usai upacara Komandan Lantamal VII melaksanakan foto bersama dengan seluruh prajurit jajaran Lantamal VII dengan didampingi Wadan Lantamal VII, para Asisten, Danlantamal, dan para Kasatker jajaran Lantamal VII.

Share.

Comments are closed.