Prajurit Marinir Katapop Peringati Hari Dharma Samudera Ke 58 Tahun 2020

0

Sorong, PW: Komandan Resimen Arteleri 3 Marinir (Danmenart 3 Mar) Kolonel Mar Kurniawan Basuki Cahyo Putro memimpin upacara dalam rangka Hari Dharma Samudera Ke 58 tahun 2020, bertempat di lapangan Apel Mako Brigif 3 Mar Katapop Jl. Poros Katapop 01, Kel. Majener, Distrik Salawati, Kab. Sorong Papua Barat. Rabu (15/01/2020).

Pada kesempatan tersebut Danmenart 3 Mar membacakan amanat tertulis dari Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M. bahwa upacara yang dilaksanakan setiap tahun ini pada hakekatnya merupakan media dalam memberikan pewarisan nilai-nilai kejuangan, pertempuran Laut Arafuru yang terjadi pada tanggal 15 januari 1962 merupakan peristiwa heroik dalam sejarah Angkatan Laut. Meskipun pada akhirnya KRI Matjan Tutul tenggelam secara gentle bersama sang Komodor Yos Sudarso yang gugur sebagai kusuma bangsa.

Lanjut dalam amanatnya, Seiring dengan perkembangan teknologi yang begitu pesat dan pengaruh Era Globalisasi, tantangan kita sebagai Garda pelindung keutuhan dan kedaulatan NKRI akan menjadi Kompleks, Kasal meyakini sikap dan jiwa patriotisme prajurit matra laut akan terus tetap terjaga untuk mempertahankan tegaknya NKRI. Melalui peringatan hari Dharma Samudera ini, saya menekankan kepada kita semua untuk mengaktualisasikan nilai-nilai kejuangan, patriotisme dan kepahlawanan serta nilai-nilai keteladanan yang telah diwariskan oleh para pendahulu kita. Hal tersebut sangat diperlukan dalam upaya mewujudkan TNI AL yang profesional dan moderen serta berkemampuan proyeksi regional dan berkomitmen global.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut para Dankolak Pasmar 3, Dansatlak Pasmar 3, para Perwira dan seluruh prajurit Marinir Katapop.

Share.

Comments are closed.