DANMENART 1 MAR PIMPIN UPACARA PERINGATAN HARI DHARMA SAMUDERA

0

Jakarta, PW: Komandan Resimen Artileri 1 Marinir (Danmenart 1 Mar) Kolonel Marinir I Wayan Sumariana, S.E., memimpin upacara peringatan hari Dharma Samudera, bertempat di Lapangan Apel Mako Pasmar 1 Kesatrian Marinir Baroto Sardadi Marunda, Jakarta Utara, Rabu (15/01/2020).

Komandan Resimen Artileri 1 Marinir Kolonel Marinir I Wayan Sumariana, S.E.

Upacara yang diikuti oleh prajurit Menart 1 Mar dan Denma Mako Pasmar 1 serta seluruh PNS Denma Mako Pasmar 1 ini diawali dengan pengibaran bendera merah putih, dilanjutkan dengan mengheningkan cipta dan pembacaan sejarah pertempuran laut oleh Serda Marinir Ikhsan.

Dalam amanatnya Danmenart 1 Mar membacakan amanat tertulis dari  Kasal Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M., yang menyampaikan bahwa upacara yang dilaksanakan setiap tahun ini pada hakekatnya merupakan media dalam memberikan pewarisan nilai-nilai kejuangan yang harus dilestarikan, agar terus terjaga semangat dan jiwa tempur prajurit dalam menegakkan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Pertempuran laut Arafuru yang terjadi pada tanggal 15 Januari 1962 merupakan peristiwa heroik dalam sejarah Angkatan Laut kita yang ditunjukkan pelaut-pelaut kita dibawah kepemimpinan Komodor Yos Sudarso.

Pertempuran yang kita hadapi saat ini dalam mewujudkan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia tidak banyak berubah, namun hanya menunjukkan karakter pertempuran yang berbeda. Segala tantangan menyangkut batas laut teritorial Negara Kesatuan Republik Indonesia menjadi pekerjaan rumah bagi pemerintah Indonesia dsn khususnya TNI AL. Oleh sebab itu nilai-nilai kejuangan Yos Sudarso dan pelaut-pelaut terdahulu wajib diwarisi oleh prajurit TNI AL sat ini, yaitu agar tetap tegar dan pantang menyerah dalam menghadapi berbagai tantangan.

Hadir pada upacara tersebut Dandenma Pasmar 1 Letkol Marinir Juli Herman, M.Tr.Hanla., para Paban dan Pabandya Mako Pasmar 1, para Dansatlak Menart 1 Mar, serta para Perwira staf Denma Mako Pasmar 1.

Share.

Comments are closed.