WADANLANTAMAL XII PIMPIN UPACARA PEMBUKAAN LATIHAN PENANGGULANGAN BENCANA TAHUN 2019

0

Pontianak,PW: Komandan Pangkalan Utama TNI AL XII Pontianak, Laksamana Pertama TNI Agus Hariadi diwakili oleh Wadanlantamal XII Kolonel Marinir Bambang Hadi Suseno, S.E.  sebagai Irup dan Komandan Upacara Mayor Laut (T) Endang dalam rangka Upacara Pembukaan Latihan Penanggulangan akibat Bencana Alam  (Latgulben) tahun 2019 di Lapangan apel Mako Lantamal XII Pontianak di Jl. Kom Yos Sudarso No.1 Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat. Senin (02/12/2019).

Pada Upacara Pembukaan latihan penanggulangan akibat bencana alam di Lantamal XII Pontianak tahun 2019, Wadanlantamal XII membacakan Amanat dari Danlantamal XII Pontianak tentang pelaksanaan latihan ini adalah untuk meningkatkan pembinaan dan kesiapan personel, oleh karena itu kita terus berupaya meningkatkan kemampuan dibidang penanggulangan akibat bencana alam.

Bencana merupakan rangkaian peristiwa yang disebabkan oleh alam dan manusia atau oleh keduanya yang mengakibatkan korban, kehilangan harta benda, kerusakan lingkungan, dan fasilitas umum, serta menimbulkan gangguan terhadap tata kehidupan masyarakat.

Adapun bencana yang diakibatkan oleh alam seperti: gempa bumi, letusan gunung berapi, banjir, gelombang tsunami, tanah longsor dan sebagainya. penanggulangan akibat bencana alam adalah suatu proses yang dinamis, berlanjut dan terpadu untuk meningkatkan kualitas langkah-langkah yang berhubungan dengan observasi dan analisis serta kesiapan penanganan darurat yang diakibatkan oleh bencana.

Melalui latihan penannggulangan akibat bencana alam ini diharapkan akan semakin meningkatkan kemampuan para personel lantamal XII dalam menjalankan tugasnya di lapangan. sehingga penanganan dan kesiapan terhadap bencana dapat lebih cepat, tepat dan dapat meminimalisasi kerugian yang ditimbulkan oleh bencana alam.

Disamping itu, peningkatan kemampuan dalam penanggulangan akibat bencana dapat ditingkatkan melalui pendidikan dan pelatihan penanggulangan akibat bencana yang terencana, sistematis dan berkelanjutan, sebagaimana yang akan kita laksanakan ini.

Saya berharap, para peserta latihan bencana alam ini mampu melaksanakan semua kegiatan beserta persoalan latihan untuk dapat diselesaikan dengan baik, sesuai dengan standard operasional procedur (SOP) guna tercapainya zero accident, laksanakan latihan ini dengan penuh semangat dan sungguh-sungguh serta menjadikan sebagai ajang dalam meningkatkan profesionalisme, dan kepada penyelenggara agar menyelenggarakan latihan ini dengan baik, sesuai dengan ketentuan dan perencanaan yang telah ditentukan.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Asrena Danlantamal XII Kolonel Laut (S) Benni Philip, Asintel Danlantamal XII Kolonel Laut (T) Erwien Ticoalu. S.E., Aspers Danlantamal XII Kolonel Laut (KH) IGN Suarsana, S.Sos.,M.A.P., Aslog Danlantamal XII Kolonel Laut (T) Panugrah Asyari., Aspotmar Danlantamal XII, Kolonel Laut (P) Dofir, Dansatrol Lantamal XII Kolonel Laut (P) Jales Jamca Jayamahe, Dandenma Lantamal XII Letkol Laut (PM) Sugeng Subagyo, S. Sos., Dantim Intel Lantamal XII Letkol Laut (T) Hengki T Hutagaul, S.E, M. Tr. (Hanla), Danyon Marhanlan XII Mayor Mar Sofian Cahyo Utomo, M.Tr. Opsla, Dan KRI Sembilang, Mayor Laut (P) Wida Adi Prasetya, Para Kadis serta Kasatker jajaran Lantamal XII serta Pasukan pendukung 1 Pleton KPLP, 1 pleton Basarnas dan 1 pleton SMK 9 pelayaran Pontianak.

Share.

Comments are closed.