Upacara Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2019 Di Kesatrian Marinir Sutedi Senaputra Karangpilang

0

(Surabaya), PW: Wakil Komandan Resimen Artileri 2 Marinir (Wadanmenart 2 Mar) Letkol Mar Gunawan Tri Utomo memimpin upacara peringatan Hari Pahlawan Tahun 2019 di Lapangan Apel Kesatrian Marinir Soetedi Senaputra Karangpilang, Surabaya. Minggu (10/11/2019).

Dalam upacara Peringatan Hari Pahlawan 2019, peserta upacara  terdiri dari Resimen Artileri 2 Mar, Resimen Bantuan Tempur 2 Mar, Yontaifib 2 Mar, Yontankfib 2 Mar, serta gabungan PNS Menart 2 Mar dan Menbanpur 2 Mar.

Dalam amanatnya, Wadanmenart 2 Mar membacakan amanat tertulis Menteri Sosial RI Juliari Batubara, mengatakan bahwa dengan memperingati Hari Pahlawan diharapkan akan lebih menghargai jasa dan pengorbanan para pahlawan, sebagaimana ungkapan salah seorang The Founding Fathers kita Bung Karno yang menyatakan bahwa hanya bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya, yang dapat menjadi bangsa yang besar. Selain itu dengan peringatan Hari Pahlawan, kita bangkitkan semangat berinovasi bagi anak-anak bangsa untuk menjadi pahlawan masa kini, sebagaimana tema peringatan Hari Pahlawan Tahun 2019 “Aku Pahlawan Masa Kini”. Sedangkan menjadi pahlawan masa kini dapat dilakukan oleh siapapun warga negara Indonesia, dalam bentuk aksi-aksi nyata memperkuat keutuhan NKRI, seperti menolong sesama yang terkena musibah, tidak melakukan provokasi yang dapat mengganggu ketertiban umum, tidak menyebarkan berita hoax, tidak melakukan perbuatan anarkis atau merugikan orang lain dan sebagainya.

Lebih lanjut dikatakan, dahulu semangat kepahlawanan ditunjukkan melalui pengorbanan tenaga, harta bahkan nyawa, sekarang untuk menjadi pahlawan dapat dilakukan dengan cara menorehkan prestasi di berbagai bidang kehidupan, memberikan kemaslahatan bagi masyarakat, membawa harum nama bangsa Indonesia di mata Internasional.

Diakhir amanat, juga disampaikan bahwa Hari Pahlawan kiranya bukan hanya bersifat seremonial semata, tetapi dapat diisi dengan berbagai aktivitas yang dapat menyuburkan rasa nasionalisme dan meningkatkan rasa kepedulian untuk menolong sesama yang membutuhkan.

Upacara tersebut juga dihadiri oleh Wadanmenbanpur 2 Mar Letkol Marinir Darwin Tambunan, para Pastaf Menart 2 Mar,  Menbanpur 2 Mar, Yontankfib 2 dan Yontaifib 2 Mar .

Share.

Comments are closed.