Personel Lantamal XIII Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW Bersama Masyarakat Tarakan Di Masjid Al Huda

0

TARAKAN – PW: Guna terciptanya kemanunggalan TNI dengan rakyat serta terjalin silaturahmi antara prajurit dan PNS Lantamal XIII dengan masyarakat Tarakan maka Lantamal XIII menggelar acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW tahun 1441 H / 2019 M di Masjid AL Huda Lantamal XIII di Jl. Panglima Sudirman Kelurahan Pamusian Tarakan Tengah Kota Tarakan Provinsi Kalimantan Utara dengan tema “Kita implementasikan akhlak mulia dalam kehidupan sehari-hari guna mewujudkan prajurit dan PNS TNI profesional kebanggaan rakyat” Sabtu, 09 November 2019 pukul 19.45 Wita selesai ibadah sholat isyak.

Sambutan Komandan Lantamal XIII Laksamana Pertama TNI Judijanto, M.Si., M.A yang dibacakan oleh Wadan Lantamal XIII menyampaikan bahwa  Maulid Nabi Muhammad SAW merupakan salah satu peristiwa penting dari risalah yang diperingati secara luas oleh umat Islam di dunia khususnya di Indonesia Hal ini didorong oleh kesadaran bahwa hakikatnya Maulid Nabi ini merupakan makna yang mendalam bagi kehidupan umat muslim khususnya dan umat manusia pada umumnya.

Dari sejarah perjuangan beliau dalam menegakkan ajaran Islam kita memahami bahwa ajaran dan penekanan misi Rasulullah adalah pembinaan akhlak kepada seluruh umat manusia baik akhlak kepada Allah maupun akhlak kepada sesama sehingga para sahabat nabi menggambarkan bahwa akhlak Rasulullah adalah Alquran itu sendiri atau dengan kata lain seluruh nilai yang terkandung dalam Alquran pada hakikatnya dapat dilihat dari sikap tindakan dan kepribadian beliau berawal dari akhlak mulia tersebut maka yang selalu terpancar dari pribadi Rasulullah adalah pola pikir, Pola sikap dan pola tindak yang senantiasa mendahulukan kepentingan umum dari pada kepentingan diri sendiri dan keluarganya.

Bertindak selaku pencerah pada acara tersebut adalah Ustad Zainuddin Dalila yang menjabat sebagai Ketua Majelis Ulama Indonesia Provinsi Kalimantan Utara, beliau menyampaikan bahwa dalam memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW kita diperintah untuk mencontoh beliau sebagai suritauladan dalam kehidupan sehari-hari. Yang kita ikuti adalah sunnah nabi yang menjadi sumber hukum seperti dalam hadis yang berbunyi “kamu belum beriman sampai kamu mencintai saudaramu seperti mencintai dirimu sendiri”. Kita juga hendaknya mencotoh cara beribadah Rosulullah dan kita aplikasikan serta membericontoh kepada anak-anak kita untuk mengikuti jejak Rosulullah agar dapat berjalan dijalan yang lurus.

Diakhir ceramahnya beliau mengajak para jamaah untuk mengikuti sunnah rosul dengan melaksanakan ibadah solat berjamaah di masjid karena pahalanya sangat besar, disamping itu kita dapat pahala solat kobliah dan dapat pahala duduk dimasjid (i’tikaf).

Hadir dalam peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW tersebut adalah Wadan Lantamal XIII Kolonel Marinir Ali Bahar Saragih, S.E., para Asisten Danlantamal XIII dan para Kasatker Lantamal XIII, para prajurit dan PNS Lantamal XIII dan Yonamarhanlan XIII serta masyarakat Tarakan.

Share.

Comments are closed.