Kodam XVI/Pattimura Memperingati Hari Pahlawan 10 November 2019

0

Ambon – PW: Sejarah perjalanan bangsa dan Negara Indonesia menunjukkan bahwa untuk mendirikan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) diperlukan perjuangan panjang. NKRI tidak akan bisa berdiri menjadi negara yang merdeka berdaulat dan terhormat seperti saat ini, tanpa perjuangan para pejuang, pendiri bangsa dan pahlawan yang mengorbankan jiwa, raga, pikiran serta hartanya.

Untuk memperingati jasa-jasa para pahlwan, Kodam XVI/Pattimura memperingati hari Pahlawan dengan menggelar upacara yang dipimpin oleh  Irdam XVI/Pattimura Kolonel Arh FX. Mokoginta Sihotang, M.Sc yang diikuti oleh prajurit dan PNS Kodam XVI/Pattimura, bertempat di lapangan Makodam, pada Minggu (10/11/2019).

“Dengan memperingati Hari Pahlawan diharapkan kita akan lebih menghargai jasa dan pengorbanan para pahlawan, sebagaimana ungkapan salah seorang The Founding Fathers kita Bung Karno yang menyatakan “….hanya bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya dapat menjadi bangsa yang besar….”. Selain itu Peringatan Hari Pahlawan kita bangkitkan semangat berinovasi bagi anak-anak bangsa untuk menjadi Pahlawan masa kini, sebagaimana Tema Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2019 “Aku Pahlawan Masa Kini”, kata Menteri Sosial Juliari P Batubara dalam amanatnya yang dibacakan Irdam XVI/Pattimura.

Lebih lanjut dikatakan, menjadi Pahlawan masa kini dapat dilakukan oleh siapapun Warga Negara Indonesia, dalam bentuk aksi-aksi nyata memperkuat keutuhan NKRI, seperti menolong sesama yang terkena musibah, tidak melakukan provokasi yang dapat mengganggu ketertiban umum, tidak menyebarkan berita hoax, tidak melakukan perbuatan anarkis atau merugikan orang lain dan sebagainya.

Peringatan Hari Pahlawan kiranya dapat meningkatkan kesadaran kita untuk dapat meningkatkan kesadaran untuk lebih cintai tanah air dan menjaganya sampai akhir hayat.

“Jangan biarkan keutuhan NKRI yang telah dibangun para pendahulu negeri dengan tetesan darah dan air mata menjadi sia-sia. Jangan biarkan tangan-tangan jahil atau pihak yang tidak bertanggungjawab merusak persatuan dan kesatuan bangsa. Jangan biarkan negeri kita terkoyak, tercerai berai, terpovokasi untuk saling menghasut dan berkonflik satu sama lain. Mari kita maknai Hari Pahlawan ini dengan wujud nyata, bekerja dan bekerja membangun negeri menuju Indonesia Maju”, ajak Juliari P Batubara.

Share.

Comments are closed.