Guna Menghormati Para Pahlawan Kusuma Bangsa, Lantamal XIII Gelar Upacara Hari Pahlawan Tahun 2019

0

TARAKAN – PW: Kemerdekaan Bangsa Indonesia yang kita rasakan saat ini tak lepas dari jasa pengorbanan para pahlawan kusuma bangsa yang telah gugur mengorbankan jiwa dan raganya untuk melepaskan diri dari penjajahan bangsa lain. “Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa para pahlawannya” itulah ungkapan yang disampaikan oleh presiden RI pertama Ir. Sukarno yang patut kita aplikasikan sebagai penerus bangsa. Oleh sebab itu tadi pagi, Minggu (10/11/2019) Lantamal XIII Koarmada II Tarakan menggelar Upacara Parade dalam rangka memperingati Hari Pahlawan tahun 2019 dengan tema “Aku Pahlawan Masa Kini”.

Bertempat di Lapangan Markas Komando Lantamal XIII Jl. Sei Ngingitan Kelurahan Mamburungan Tarakan Timur Provinsi Kalimantan Utara Komandan Lantamal XIII Laksamana Pertama TNI Judijanto, M.Si., M.A. memimpin pelaksanaan Upacara Hari Pahlawan tahun 2019 yang diikuti oleh seluruh prajurit dan PNS Lantamal XIII dan Yonmarhanlan XIII. Bertindak selaku Komandan Upacara adalah Mayor Laut (T) Salamun. Turut hadir para Asisten Danlantamal XIII, Dan Satrol Lantamal XIII dan para Kasatker Lantamal XIII.

Pada amanat Inspektur Upacara, Komandan Lantamal XIII membacakan amanat Menteri Sosial RI Bapak Juliari P. Batubara yang menyampaikan, Jika dahulu semangat kepahlawanan ditunjukkan melalui pengorbanan tenaga, harta bahkan nyawa. Sekarang untuk menjadi pahlawan, bukan hanya mereka yang berjuang mengangkat senjata mengusir penjajah, tetapi kita juga bisa, dengan cara menorehkan prestasi di berbagai bidang kehidupan, memberikan kemaslahatan bagi masyarakat, membawa harum nama bangsa di mata Internasional.
Peringatan Hari Pahlawan kiranya dapat meningkatkan kesadaran kita untuk lebih mencintai tanah air dan menjaganya sampai akhir hayat.

Jangan biarkan keutuhan NKRI yang telah dibangun para pendahulu negeri dengan tetesan darah dan air mata menjadi sia-sia. Jangan biarkan tangan-tangan jahil atau pihak yang tidak bertanggung jawab merusak persatuan dan kesatuan bangsa. Jangan biarkan negeri kita terkoyak, tercerai berai, terprovokasi untuk saling menghasut dan berkonflik satu sama lain. Mari kita maknai Hari pahlawan ini dengan wujud nyata, bekerja dan bekerja membangun negeri menuju Indonesia maju.

Dalam memperingati Hari Pahlawan tahun 2019 kali ini Lantamal XIII juga mengirimkan perwakilan prajurit untuk mengikuti Upacara Hari Pahlawan tahun 2019 yang digelar oleh Pemerintah Kota Tarakan. Selesai jam pelaksanaan Upacara di Mako Lantamal XIII dan Pemkot Tarakan dilanjutkan dengan Ziarah ke Taman Makam Pahlawan Tri Kora Tarakan.

Share.

Comments are closed.