LANTAMAL XII PONTIANAK LAKSANAKAN SOSIALISASI SIBER DAN PENGAMANAN TA. 2019 DARI TIM DISPAMAL MABESAL

0

Pontianak,PW: Komandan Pangkalan Utama TNI AL XII (Danlantamal XII) Pontianak Laksamana Pertama TNI Agus Hariadi menerima kunjungan Sosialisasi Siber dan Pengamanan TA. 2019 dari tim Dispamal Mabesal bertempat di Ruang Rapat Mako Lantamal XII Pontianak di Wajok  Kab. Mempawah Prov. Kalimantan Barat, Selasa (22/10/2019).

Selanjutnya Tim Sosialisasi dari Dispamal Mabesal yang di pimpin oleh Ketua Tim Sosialisasi Kepala Dinas Pengamanan Angkatan Laut (Kadispamal) Laksamana Pertama TNI Wisnu Sumarto yang beranggotakan Kalabpamsisjar Dispamal Kolonel Laut (E) H.A. Danang Rimbawa, S.Si, M.T., Kasubdis Litpers Dispamal Kolonel Marinir Mikaryo Widodo, Letkol Laut (P) Bambang Subeno, M.Tr.Hanla, Mayor Laut (KH) Sitho Prihambodo Y, S.Kom, Lettu Laut (E) Robby Wahyu U, S.S.T.TP dan Sertu PDK Enggar Wicaksono.

Pada acara Sosialisasi tersebut sambutan Aspam Kasal Laksamana Muda TNI Angkasa Dipua, S.E., M.M yang dibacakan oleh Kadispamal mengatakan bahwa dalam mengantisipasi terjadinya perang siber atau “Cyber War” yang dapat mengancam pertahanan keamanan dan kedaulatan NKRI, TNI Angkatan Laut harus berperan aktif. TNI Angkatan Laut tidak hanya dituntut profesional dan mahir dalam menggunakan alutsista, namun juga harus memiliki kemampuan yang handal dalam menghadapi ancaman di dunia maya (Cyber Space).

Selanjutnya Danlantamal XII Pontianak dalam sambutanya mengatakan bahwa tujuan daripada kegiatan sosialisasi ini agar personel lantamal XII Pontianak dapat meningkatkan pemahaman di bidang siber dan pengamanan, khususnya pengamanan sistem dan jaringan TNI Angkatan Laut serta pemanfaatan teknologi informasi dan komputer guna kepentingan pertahanan negara yang semakin meningkat dalam menghadapi tantangan perubahan jaman.

Dalam acara sosialisasi siber dan pengamanan tersebut sebagai narasumber Kolonel Mar Mikaryo Widodo memaparkan tentang Profesi Intelijen dan dilanjutkan dengan Kolonel Laut (E) H.A.Danang Rimbawa, S.Si, M.T.(Kalabpamsisjar) yang memaparkan tentang siber.

Adapun dilaksanakan sosialisasi siber dan pengamanan bertujuan untuk memberikan gambaran umum terkait perkembangan domain siber dan kaitanya dengan TNI Angkatan Laut, memberikan pengetahuan terkini terkait topik-topik keamanan siber global dan nasional, memberikan pemahaman tentang ancaman keamanan siber serta upaya dalam mengantisipasinya, membangun dan meningkatkan kewaspadaan siber personil TNI Angkatan Laut terhadap ancaman keamanan serta kejahatan siber, mendapatkan gambaran umum terkait kewaspadaan siber khususnya yang dimiliki oleh personil TNI Angkatan Laut di jajaran Lantamal. Dalam sosialisasi tersebut juga dilaksanakan tukar menukar cinderamata.

Turut hadir dalam acara sosialisasi tersebut Danlantamal XII Pontianak, Wadan Lantamal XII, Para Asisten, Para Kadis/Kasatker, personil Lantamal XII serta PNS Lantamal XII.

Share.

Comments are closed.