PANGKOARMADA III TERIMA KUNJUNGAN TIM TEKNIS ANGKATAN LAUT UNI EMIRAT ARAB

0

Kota Sorong,PW: Panglima Komando Armada III Laksamana Muda TNI I N.G. Ariawan, S.E., M.M., menerima kunjungan Tim Teknis Angkatan Laut Uni Emirat Arab yang diketuai Commander Support Flotilla Group Uni Emirat Arab Navy, Brigadir General Ibrahim Saleh Mohammed Slasher Alteneiji bersama Staf Khusus Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman RI Laksamana Madya TNI (Purn) Fred S. Lonan di KRI Teluk Lada-521 yang sedang sandar di dermaga Koarmada III Klaligi, Distrik Sorong Manoi, Kota Sorong, Papua Barat, Rabu (10/102019).

Pada kesempatan tersebut, Pangkoarmada III didampingi Kepala Staf Koarmada III Laksamana Pertama TNI Dadi Hartanto, M.Tr. (Han), Komandan Lantamal XIV Sorong Brigjen TNI (Mar) Suaf Yanu Hardani, para Asisten Pangkoarmada III, Komandan Kolat dan Komandan Satfib Koarmada III. Sementara Commander Support Flotilla Group UEA Navy didampingi Technical Officer Support Flotilla Group UEA Navy Lieutenant Commander Ali Ahmed Abdullah Dallas Alshehhi, dan Commanding Officer Support Flotilla Group UEA Navy Navy Lieutenant Commander Zayed Khalid Saif Binqasmoul Alsuwaidi, dan sejumlah karyawan PT Daya Radar Utama yang memproduksi KRI Teluk Lada-521. Pada acara kunjungan tersebut dipandu oleh Asisten Pangkoarmada III Kolonel Laut (P) Dato Rusman, S.N., S.E., M.Si., N.T.T.

Pangkoarmada III dalam sambutannya antara lain mengatakan bahwa KRI Teluk Lada-521 merupakan salah satu kapal perang menjadi kebanggaan TNI Angkatan Laut karena dibuat oleh putra-putri terbaik bangsa Indonesia dengan kualitas terbaik. “Semoga dimasa depan kita dapat lebih mengembangkan kemampuan kita sendiri terutama dalam industri militer. Kerja sama bilateral yang baik antara RI dan UEA dimungkinkan dapat berbagi nilai, norma dan rasa saling menghormati untuk terus berkontribusi dalam memainkan peran penting dalam menjaga perdamaian dan keamanan dunia.

Sementara itu, Commander Support Flotilla Group Uni Emirat Arab Navy, Brigadir General Ibrahim Saleh Mohammed Slasher Alteneiji mengungkapkan bahwa Pemerintah UEA, dalam ini Angkatan Lautnya sedang menjajaki dan mempertimbangkan pengadaan kapal perang sejenis KRI Teluk Lada-521 yang diproduksi oleh perusahaan Indonesia.

Selanjutnya, Komandan KRI Teluk Lada-521 Letkol Laut (P) Gunawan Hutauruk memaparkan bahwa KRI Teluk Lada-521 jenis landing ship tank (LST) berteknologi canggih memiliki fungsi sebagai kapal angkut personel dan material yang dibangun di galangan kapal PT Daya Radar Utama (DRU), Panjang, Bandar Lampung, dirancang untuk mampu mengangkut puluhan tank berbagai jenis serta sejumlah unit Helikopter. KRI Teluk Lada-521 memiliki panjang 117 meter, lebar 16,4 meter dan tinggi 7,8 meter, kecepatan maksimum 16 knot dan kemampuan jelajah hingga 6.240 mil laut.

Kunjungan tersebut berlangsung penuh persahabatan yang ditandai dengan pertukaran cinderamata. Selanjutya, Pangkoarmada III dan Laksdya TNI (Purn) Fred S. Lonan bersama Tim Teknis UEA Navy melaksanakan peninjauan di Anjungan dan Tank Deck serta peralatan canggih yang dimiliki KRI Teluk Lada-521.

Share.

Comments are closed.