Pabanlid Sintel Pasmar 3 Hadiri Sosialisasi UU Pers, Kode Etik Jurnalis Dan UU ITE

0

Sorong, PW: Perwira Pembantu Penyelidikan (Pabanlid) Staf Intelijen Pasmar 3 Letkol Marinir Setyo Edi Santoso, mewakili Komandan Pasmar 3 Brigjen TNI (Mar) Amir Faisol, S.Sos., M.M., menghadiri Sosialisasi UU Pers, Kode Etik Jurnalis, dan UU ITE yang dihadiri oleh Bupati Kabupaten Sorong DR. Johny Kamuru, S.H., M. Si., bertempat di Aimas Convention Cetre (ACC) Jl. Sorong-Klamomo Km. 23, Kel. Klamesem, Distrik Mariat, Kab. Sorong, Papua Barat. Kamis (01/10/2019).

Dalam sambutannya, Bupati Kab. Sorong menyampaikan antara lain bahwa Pers adalah salah satu pengontrol demokrasi terutama kekuatan untuk dan mengendalikan jalannya pemerintahan. Dalam masyarakat demokratis, pers berfungsi menyediakan informasi dan alternatif serta evaluasi yang dibutuhkan masyarakat untuk partisipasinya dalam proses penyelenggaraan Negara.

Kedaulatan rakyat tidak bisa berjalan atau berfungsi dengan baik jika pers tidak memberikan informasi dan alternatif pemecahan masalah yang dibutuhkan. Kemerdekaan Pers membutuhkan model pengaturan, dalam hal ini sesuai UU No. 40 tahun 1999 tentang pers adalah pengaturan berupa self regulation oleh kalangan komunitas pers.

Berita yang baik yaitu yang menjunjung tinggi kode etik jurnalistik, didalamnya bersifat independen, berimbang, dan tidak mengandung itikad buruk yang merugikan banyak pihak. “Saya memberikan apresiasi kepada SKK Migas, PWI Sorong Raya, dan Stakeholders lainnya atas terselenggaranya kegiatan ini, harapan saya pers lebih profesional dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat, memberikan berita yang jujur, obyektif, dan terpercaya bagi khalayak luar” , tegas Bupati diakhir sambutannya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua PWI Sorong Raya Lexi Sitanala mengatakan, akan menyatukan semua wartawan sebelum masuk organisasi PWI dan ingin mempunyai satu rumah atau wadah untuk membangun sebuah Kantor PWI karena selama ini tidak mempunyai tempat sebagai kantor/tempat diskusi serta koordinasi dan akan membetuk koperasi dari wartawan untuk wartawan.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Bupati Kab. Sorong DR. Johny Kamuru, S.H., M. Si., Ketua PWI Sorong Raya Lexi Sitanala, Ketua PWI Papua Barat Bustam, Humas Polda Papua Barat AKBP Matius Yosia Krey, S.Pd., Pabanlid Sintel Pasmar 3 Letkol Marinir Setyo Edi Santoso, Kadispotmar Lantamal XIV  Letkol Laut (KH) Abdul Halid Sabale, S.H., Kapenrem 181/PVT Mayor Inf Puguh Pradono, S.H., Pimpinan SKK Migas A. Rianto Pudiantoro Dan para Forkopimda Kab. Sorong serta para Wartawan Sorong Raya.

Share.

Comments are closed.