GUBERNUR AAL PIMPIN UPACARA PERINGATAN HUT KE-68 AAL

0
Surabaya, 10 Oktober 2019 – PW: Gubernur Akademi Angkatan Laut (Gubernur AAL) Laksamana Muda TNI Edi Sucipto, S.E., M.M. memimpin upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-68 AAL di lapangan Banda, Mako Akademi Angkatan Laut, Bumimoro, Surabaya, Kamis (10/10).
Dalam amanat, Gubernur AAL Laksamana Muda TNI Edi Sucipto, S.E., M.M. menyampaikan bahwa upacara peringatan Hari Ulang Tahun Akademi Angkatan Laut ini merupakan ungkapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas segala yang kita raih sampai saat ini, dan peringatan ini sekaligus menjadi momentum untuk meningkatkan motivasi kinerja dalam menghadapi tantangan dimasa mendatang, serta untuk mengintropeksi dan evaluasi terhadap hasil kinerja sampai dengan saat ini.
“Sejarah berdirinya Akademi Angkatan Laut diawali dengan didirikannya pendidikan perwira Angkatan Laut tingkat Akademi yang diberi nama Institut Angkatan Laut (IAL), secara internal pendidikan IAL telah dimulai sejak 10 September 1951, dengan komandan IAL pertama Mayor Pelaut R.S.Hadi Winarso, namun peresmiannya ditetapkan pada tanggal 10 Oktober 1951 oleh Presiden Republik Indonesia Ir. Soekarno selaku Panglima Tertinggi Angkatan Perang Republik Indonesia”, kata Gubernur AAL.
Menurut Gubernur AAL, dengan dasar peresmian IAL inilah, maka setiap tanggal 10 Oktober diperingati sebagai Hari Ulang Tahun Akademi Angkatan Laut. “Sebagai lembaga pendidikan pertama tingkat perwira, Akademi Angkatan Laut telah mendapatkan pengakuan akreditasi program studi maupun akreditasi institusi perguruan tinggi oleh Badan Akreditsi Nasional Perguruan Tinggi dengan hasil yang memuaskan, tentunya ini peran kita semua tanpa terkecuali, dan pastinya hal ini perlu kita pertahankan dan tingkatkan baik mutu maupun kelayakan pendidikan, agar target yang diharapkan dapat tercapai sebagai bagian dari upaya mewujudkan Akademi Angkatan Laut yang berkelas dunia (World Class Naval Academy).
“Disisi lain, Akademi Angkatan Laut merupakan salah satu dari dua institusi di TNI AL yang menjadi tolak ukur reformasi birokrasi yang berkonsekuensi pada renumerasi kelak, hal ini juga merupakan peran serta dan kemauan yang kuat dari kita semua untuk terus menjadi lebih baik, sehingga pada kesempatan yang baik ini saya ucapkan terimakasih atas dedikasi, loyalitas bapak-ibu Keluarga Besar AAL serta Taruna-Taruni sekalian”, pungkas pejabat nomor satu dijajajaran AAL ini di hadapan peserta upacara.
Selain kegiatan upacara militer, melengkapi rangkaian peringatan HUT ke-68 AAL tahun 2019 juga dilaksanakan pemotongan tumpeng ulang tahun dan makan siang bersama pejabat utama, pengurus Cabang BS Jalasenastri AAL dengan Taruna-Taruni AAL di ruang makan Taruna gedung RD. S. Hadiwinarso.
Upacara ini diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya oleh seluruh peserta upacara, pemeriksaan pasukan oleh Irup, penghormatan kepada Pusara AAL Hree Dharma Shanty, Mengheningkan Cipta, pengucapan Sapta Marga oleh Sermatutar (M) Nendra Damarsandy, penganugerahan tanda kehormatan kepada perwakilan prajurit AAL, amanat Irup dan diakhiri dengan lagu Andhika Bhayangkari.
Upacara terdiri dari satu unit Korsik, satu kompi Pamen, satu kompi Pama, dua kompi Taruna AAL, satu kompi Bintara, satu kompi Tamtama dan satu kompi PNS AAL ini, dibawah komando Komandan Upacara (Danup) Letkol Marinir Eko Puji S., S.E. yang sehari-hari menjabat sebagai Komandan Batalyon-2 Resimen AAL.
Share.

Comments are closed.