Lantamal XIII Koarmada II Laksanakan Ceramah Kesehatan Dalam Rangka Memperingati HUT TNI AL Ke 74

0

TARAKAN – Kamis (12/09/19), PW: Sehat merupakan dambaan setiap insan manusia. Apapun yang kita miliki tanpa diimbangi dengan kondisi fisik yang sehat tidak akan ada artinya, terlebih bagi seorang prajurit baik perorangan maupun keluarganya diperlukan fisik yang sehat dan memadai untuk dapat melaksanakan tugas kemiliteran yang penuh dengan tantangan.

Guna memberikan pemahaman dan pencerahan kembali tentang pentingnya kesehatan, Lantamal XIII Tarakan Koarmada II, tadi pagi melaksanakan penyuluhan kesehatan kepada seluruh personel dan keluarganya dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun TNI AL ke 74.

Acara tersebut dilaksanakan di gedung Gita Jala Lantamal XIII Jl. Diponegoro Kel. Pamusian Kec. Tarakan Tengah Kota Tarakan yang diikuti oleh seluruh anggota baik militer dan PNS dari Lantamal XIII dan Yonmarhanlan XIII serta ibu ibu Jalasenastri Korcab XIII DJA II.

Hal yang disampaikan antara lain ceramah kesehatan tentang penyakit infeksi telinga oleh Karumkital Ilyas Tarakan Letkol Laut (K) dr. Imam Suhada Sp.THT- KL.M.Kes. M.Tr.Hanla dan ceramah kesehatan oleh Kasi pencegahan dan pemberantasa penyakit menular dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tarakan ibu Bahriyatul Ulum tentang penyakit Malaria, Demam Berdarah (DBD) dan penyakit Laptospirosis.

Dalam sambutannya Komandan Lantamal XIII Laksamana Pertama TNI Judijanto, M.Si., M.A. menyampaikan bahwa penyakit menular masih menjadi masalah kesehatan yang menimbulkan kesakitan kematian dan kecacatan yang tinggi sehingga perlu dilakukan penyelenggaraan melalui upaya pencegahan pengendalian dan pemberantasan yang efektif dan efisien. Pemberantasan penyakit menular diperlukan kerjasama antar instansi baik dalam Kota Provinsi bahkan kerja sama antar negara.

Kerjasama yang telah dibentuk oleh Lantamal Xlll dengan Dinas Kesehatan merupakan salah satu bentuk kerjasama antar instansi yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas kesehatan khususnya bagi Anggota TNI AL beserta keluarga

Banyak terjadi penularan penyakit dikarenakan adanya tiga faktor yaitu organisme penyebaran penyakit, sumber penularan dan cara penularan. Penularan penyakit tidak akan terjadi jika salah satu dari 3 faktor tersebut tidak terpenuhi

Sebelum memberikan sambutan Danlantamal XIII mempimpin berdo’a, mengajak kepada seluruh peserta yang hadir untuk mendo’akan Almarhum mantan Presiden RI ke 3 bapak B.J. Habibie yang wafat pada hari kemarin.
Kegiatan tersebut juga dihadiri para pejabat Lantamal XIII antara lain Wadan Lantamal XIII, Dansatrol Lantamal XIII, para Asisten Danlantamal XIII, Danyonmarharlan Xlll, para Kadis/Kasatker Lantamal XIIl dan Ketua Korcab Xlll DJA ll.

Share.

Comments are closed.