Kodam XII/Tpr Siap Menggelar TMMD ke-106 di Tiga Wilayah

0

Kubu Raya,PW: Kamis (12/9/19) – Bertempat di Ruang Rapat Puskodalopsdam, Pangdam XII/Tanjungpura yang diwakili Aster Kasdam XII/Tpr, Kolonel Inf M. Asep Apandi beserta para Dandim dan Bupati mengikuti Rapat Koordinasi (Rakornis) TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-106 tahun 2019 melalui video conference bersama Aster Kasad, Mayjen TNI Bakti Agus Fadjari, S.I.P., M.Si., serta Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) yang diwakili oleh Staf Ahli Bidang Hubungan Antar Lembaga Pusat dan Daerah, Kementerian LHK, Prof. Dr. Ir. Winarni Dien Monoarfa, MS dari Mabesad.

Pada kesempatan tersebut Aster Kasad, Mayjen TNI Bakti Agus Fadjari, S.I.P., M.Si., menyampaikan, bahwa TMMD adalah program terpadu lintas sektoral yang melibatkan TNI, Polri, Kementerian/Lembaga Pemerintah Non Kementerian dan Pemerintah Daerah, serta segenap lapisan masyarakat, yang bertujuan untuk membantu percepatan pembangunan di daerah-daerah tertinggal.

TNI mengalokasikan anggaran cukup besar untuk pelaksanaan TMMD di seluruh Indonesia. Melalui program TMMD, kita membangun dan membangkitkan kembali nilai-nilai kebersamaan serta gotong royong guna membantu percepatan program pemerintah dalam upaya meningkatkan kesejahteraan dan pemberdayaan ekonomi masyarakat perdesaan dengan melaksanakan pembangunan fisik dan non fisik, ungkapnya.

Aster Kasad menjelaskan, program TMMD dilaksanakan secara terpadu antara TNI, Kementerian/Lembaga Pemerintahan Non Kementerian (LPNK), Pemerintah Daerah serta komponen bangsa lainnya.

“Penentuan Sasaran dengan menggunakan ‘Bottom Up Planning System’ yang dilaksanakan secara komprehensif dan integral, karena melibatkan semua unsur yang terkait mulai dari tingkat kabupaten, kecamatan¬† sampai dengan tingkat desa,” ujarnya.

Mayjen TNI Bakti Agus Fadjari, S.I.P., M.Si., mengatakan, TMMD ke-106 itu akan dilaksanakan selama 30 hari mulai tanggal 2-31 Oktober 2019 dengan melibatkan 7.500 personel TNI yang tersebar di 50 Kabupaten/Kota dan 50 Kodim di seluruh tanah air.

“TMMD kali ini mengangkat tema ‘Melalui TMMD Kita Wujudkan Percepatan Pembangunan untuk Kesejahteraan Rakyat’,” katanya.

Sedangkan Aster Kasdam XII/Tpr, Kolonel Inf M. Asep Apandi mewakili Pangdam XII/Tpr usai pelaksanaan Rakornis menyampaikan, Kodam XII/Tpr siap menggelar TMMD ke-106 yang akan dilaksanakan di tiga wilayah yaitu Kodim 1202/Singkawang, Kodim 1206/Putussibau, dan Kodim 1012/Buntok.

“Untuk di Kodim 1202/Skw akan dilaksanakan di Desa Jirak dan Desa Mekar Jaya, Kecamatan Sajad, Kabupaten Sambas. Untuk di Kodim 1206/Psb akan dilaksanakan di Desa Menua Sadap, Kecamatan Embaloh Hulu, Kabupaten Kapuas Hulu. Sedangkan Kodim 1012/Buntok akan melaksanakan di Desa Gunung Bintang, Kecamatan Gunung Bintang Awai, Kabupaten Barito Selatan,” pungkasnya mengakhiri.

Share.

Comments are closed.