Dandim 1802/Sorong Letkol Inf Budiman Hadiri Pagelaran Cinta NKRI di Aimas Sorong

0

SORONG,PW: Komandan Kodim 1802/Sorong Letkol Inf Budiman, S.E., M.I.Pol., M.M., menghadiri acara Pagelaran Cinta NKRI dan Untuk Menjaga Persatuan dan Kedamaian di Kabupaten Sorong, dengan tema “Papua Cinta Damai dan NKRI Harga Mati” oleh pemerintah Kab. Sorong, bertempat di Alun-Alun Aimas, Jl. Sorong Klamono KM 19 Kelurahan Malagusa Distrik Aimas Kab. Sorong Prov.Papua Barat. Kamis, (12/09/2019).

Dalam sambutannya Wakil Bupati Sorong Suka Harjono, S.Sos.M.Si, mengatakan, kita semua yang ada di tanah Papua termasuk yang di Kab. Sorong baru saja melewati peristiwa yang tidak kita inginkan, dimana ujaran rasisme sebagai penyulut terjadinya demontrasi yang bermuara pada serangkaian tindakan anarkis.

Peristiwa tersebut hampir saja merusak persatuan dan kerukunan antar ummat bergama di tanah papua termasuk di kab sorong, alhamdulillah pemerintah Kab. Sorong beserta TNI-Polri, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh agama, tokoh pemuda dan tokoh perempuan cepat mengambil tindakan untuk mengantisipasi terjadinya peristiwa yang tidak kita inginkan, sehingga Kab. Sorong aman terkendali.

Wakil Bupati Sorong dalam sambutannya menyampaikan Terima kasih kepada semua elemen masyarakat dan stake holder yang cepat tanggap dalam menjaga keamanan dan kedamaian di Kabupaten Sorong pasca rusuh di daerah lain terkait ujaran kebencian dan rasisme di Surabaya.

Selain itu Wakil Bupati menghimbau agar kedepannya semua elemen masyarakat dapat menjaga dan memelihara persatuan. Ditambah Wakil Bupati semua informasi yang kita terima harus disaring dengan baik agar menghindari penyebaran Hoax yang dapat memperkeruh suasaa.

Pada Akhir amanatnya Wakil Bupati Sorong mengajak seluruh komponen masyarakat yang ada di Kab. Sorong untuk menjaga keamanan dan ketertiban serta persatuan dan kesatuan di Kab. Sorong demi keutuhan NKRI.

Senada dengan Wakil Bupati, Kepala LMA (Lembaga Masyarakat Adat) Kabupaten Sorong Korneles Usili menghimbau agar semua pihak dapat turut serta menjaga persatuan dan kesatuan serta bersama-sama menjaga kabupaten Sorong sebagai zona damai.

Ketua LMA Kabupaten Sorong mewakili masyarakat adat membacakan pernyataan sikap masyarakat kabupaten Sorong, yang berkomitmen untuk bersama sama menjaga keamanan kerukunan dan kedamaian. Tidak akan terpengaruh dengan isu-isu profokatif yang akan memecah belah kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara, serta akan mengutuk dan menolak dengan tegas segala bentuk diksriminasi dan rasisme kepada siapapun dan dimanapun.

Setelah Ketua LMA Kabupaten Sorong membacakan pernyataan sikap masyarakat kabupaten Sorong, dilanjutkan dengan pelepasan burung Merpati sebagai tanda tetap menjaga persatuan dan kesatuan.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kasi Ter korem 181/PVT Kolonel Inf Luhut Bernandus Sidabariba S.I.P, Asops Pasmar 3 Kolonel Mar Rudi Harto Marpaung, Kapolres Sorong AKBP Dewa Made Sidan Sutrahna, S.IK, Kajari Kab. Sorong Ahmad Muhdor, Danyon Marhanlan XIV Mayor Ali Wardhana, Ketua LMA Malamoi Kab. Sorong Kornelius Usili, Ketua FKUB Kab. Sorong KH. Ahmad Sutejo, Ketua Ikaswara Masgiyanto Aden Nursalim, Ketua PCNU Kab. Sorong H. Rofiul Amri, Ketua Klasis malamoi kab sorong Pdt. Elieser Sarwom, S.Th, Kakankesbang pol kab. Sorong Adri B. Timban SH, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, Tokoh Pemuda Tokoh Perempauan dan Organisasi Kemasyarakatan Kab. Sorong serta warga masyarakat Kab.Sorong.

Share.

Comments are closed.