RIBUAN SISWA DAN WARGA ANTUSIAS KUNJUNGI STATIC SHOW DI LANUD J.B. SOEDIRMAN

0

Purbalingga,PW: Bersamaan dengan Kedatangan pesawat jenis EC 120 B Collibri di Lanud J.B. soedirman, dalam rangka Latihan Terbang Navigasi/ NAVEX (Navigation Exercise) Siswa Sekbang (Sekolah Penerbang) PSDP Angkatan 96 dibawah pimpinan Komandan Skadron Udara 7 Letkol Pnb Yanwar Effendhi, selama dua hari pada hari Selasa dan Rabu (10-11/09/2019). Lanud J.B. Soedirman memberikan kesempatan kepada para pelajar dan masyarakat untuk berkunjung, melihat langsung Alutsista pesawat TNI Angkatan Udara, Static Show pesawat helikopter EC 120 B Colibri.

Di hari ke dua, masih terlihat ribuan warga yang di dominasi oleh usia pelajar menghadiri kegiatan Static Show yang akan digelar di apron Lanud J.B. Soedirman tersebut. Sejak dibuka pada pukul 08.00 WIB, terlihat berbondong-bondong masyarakat dan siswa Paud/TK/MI/SLTP/SLTA di Kab. Purbalingga, Kab. Banjarnegara dan Kab. Banyumas serta para guru, mendatangi lokasi kegiatan.

Pada kesempatan tersebut, para pelajar menerima penjelasan tentang jenis pesawat EC 120 B Collibri dan profil TNI AU yang diberikan oleh Kepala Dinas Operasi Lanud J.B. Soedirman Mayor Tek Muhajir Dwi A.N.,S.T. dan Kabinpotdirga Lanud JBS Kapten Kes Edi Soeprapto. Antusias pelajar sangat terlihat dengan berbagai pertanyaan yang lontarkan meraka, untuk ingin tau lebih jauh tentang alutsista dan Profil TNI AU.

Tepat pukul 09. 15 Wib 1 pesawat jenis EC 120 B Collibri landing yang disusul 4 pesawat jenis EC 120 B Collibri berikutnya landing dan parkir di apron dengan aman, para pengujungpun di beri kesempatan untuk melihat pesawat dari jarak dekat. Pada kesempatan tersebut, para pengunjung kembali melontarkan pertanyaan-pertanyaan kepada para petugas dan siswa Sekbang yang berada di dekat pesawat.
Selain bertanya, para pengunjung juga mengabadikan momen tersebut dengan kamera HPnya masing-masing, dan tak jarang dari para pengunjung mengajak Komandan Lanud J.B. Soedirman Letnan Kolonel Pnb Arie Sulanjana, S.T., M.P.M., dan Ketua PIA Ardhya Garini Cabang 8/D.I Lanud J.B Soedirman Ny. Dyah Arie Sulanjana yang berada di lokasi untuk berfoto bersama, guna mengungkapkan rasa senang dan bangga mereka.

Komandan Lanud J.B. Soedirman Letnan Kolonel Pnb Arie Sulanjana, S.T., M.P.M., pada keterangannya disela kegiatan tersebut mengatakan bahwa, latihan terbang Navigasi ini merupakan fase-fase bina terbang dengan menggunakan helikopter EC 120 B Colibri yang harus dilalui para siswa penerbang. Sehingga para siswa penerbang memiliki pengalaman navigasi dan mampu menerbangkan pesawat helikopter EC 120 B Colibri dari satu aerodrome ke aerodrome lainnya dengan segala aspeknya dengan baik dalam penugasannya.

Kegiatan latihan Sekbang ini juga kami, rangkai dengan kegiatan Binpotdirga. Dengan menerima kunjungan dari para pelajar, mulai dari tingkat Paud, TK, SD, SMP dan SMA sederajat serta masyarakat. “ Kita lihat mereka sangat antusias dan diharapkan kedepan dari pelajar yang hadir saat ini mencintai kedirgantaraan, dan juga diharapkan dari mereka dapat meregenerasi kami sebagai prajurit TNI AU,” kata Danlanud.

Sementara itu Kabinpotdirga Lanud JBS Kapten Kes Edi Soeprapto dalam keterangannya mengatakan jumlah pelajar yang datang ke lanud J.B. Soedirman di hari ke dua kegiatan Static Show ini berjumlah sekitar 1100 orang. Mereka datang dari 12 sekolah, mulai PAUD, TK, SD/MI dan masyarakat umum wilayah Kab. Purbalingga, Banyumas dan Banjarnegara. “Di hari pertama kunjungan giat Static Show ini dihadiri kurang lebih 4600 orang dari pelajar dan warga masyarakat yang datang dari 72 sekolah mulai dari Paud/TK/MI/SLTP/SLTA di Kab. Purbalingga, Kab. Banjarnegara dan Kab. Banyumas,” jelas Kapten Kes Edi Soeprapto.

Pada kesempatan yang sama, hadir pula Dandim 0702/Pbg Letkol Inf Yudhi Novrizal S.I.P., M.H.han., Kapolres Purbalingga AKBP Kholilur Rochman dan Ketua Pengadilan Negeri Purbalingga, Bapak Bambang Sucipto SH., MH., yang turut menyaksikan kegiatan NJS (Navigasi Jarak Sedang) Siswa Sekolah Penerbang (Sekbang) PSDP Angkatan 96.

Share.

Comments are closed.