Kapal Perang Lantamal VI KAL Birang I-6.61 terlibat Latihan SAR Bersama Basarnas Di Makassar

0
Makassar,PW: Kamis (18/07/2019).Kapal perang Pangkalan Utama TNI AL VI (Lantamal VI)  Kapal Angkatan Laut (KAL) Birang I-6.61 Bersama Basarnas melaksanakan Latihan Gabungan (Latgab) Search And Rescue (SAR) di sekitar perairan pulau Barrang Lompo, Rabu (17/07/2019).
Dalam Latgab ini, KAL Birang I-6.61 yang dikomandani oleh Mayor Laut (P) Sulang Priambodo, S.H., dan Kapal KN SAR Antasena disimulasikan melaksanakan pencarian dan evakuasi para korban kapal tenggelam KM Sinar Jaya di sekitar perairan pulau Barrang Lompo menuju Dermaga Layang Mako Lantamal VI.
Menurut Komandan Satuan Kapal Patroli (Dansatrol) Lantamal VI Kolonel Laut (P) Victor Pardamean Y Siagian., S.T M.M., Latgab ini sebagai upaya untuk memaksimalkan tindakan apabila terjadi bencana di wilayah sulsel dengan memberdayakan seluruh komponen SAR yang ada di daerah ataupun wilayah perairan yang kali ini untuk melatih kesigapan tim pencarian dan penyelamatan korban kapal tenggelam di laut.
“Latihan ini adalah sebagai bentuk sinergitas antara Lantamal VI dengan Basarnas dalam melaksanakan pencarian dan penyelamatan korban kapal tenggelam di laut dan sebagai bekal pengetahuan keterampilan serta pembentukan sikap mental kepada para peserta”, ujarnya.
Oleh karena itu, dengan latihan ini akan melatih suatu pola tindakan dalam operasi SAR agar dalam bertindak terlaksana dengan cepat, tepat dan efektif, tambah Dansatrol Lantamal VI.
Latihan SAR gabungan ini juga melibatkan unsur maritim lainnya seperti Dit Polair Polda Sulsel, Syahbandar  Utama Makassar, Distrik Navigasi Kelas 1 Makassar, Kantor Kesehatan Pelabuhan, BMKG, SAR Unhas, Umi dan UNM .
Share.

Comments are closed.