Dandim 0403/OKU Ajak Prajuritnya Jaga Nama Baik Institusi

0

OKU, PW: Ratusan personel Kodim 0403/OKU, Senin (15/7) pagi berkumpul di ruang Olah Yudha Makodim 0403/OKU Jln. Lintas Tengah Sumatera Kel. Kemelak Bindung LangitKec. Batu Raja Timur Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Baturaja untuk mengikuti pengarahan, pembinaan, serta motivasi dalam rangka Jam Komandan.

Dihadapan ratusan personel anggota Kodim tersebut, Dandim 0403/OKU Letkol Arm Agung Widodo, S.Sos. menyampaikan beberapa penekanan terhadap personelnya terutama tindakan yang dapat mencoreng nama baik institusi.

Dikatakan Letkol Agung, diantaranya sebagai prajurit jangan sampai merusak citra TNI dengan melakukan tindakan perbuatan melanggar hukum, membantu pihak lain dalam memberantas narkoba serta siap siaga mencegah Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutlah). “Jangankan terlibat langsung dalam aksi pencurian, membekingi dan menutupi pelaku pencurian saja jangan sampai jika tidak mau berurusan dengan hukum, kemudian penyalahgunaan narkoba, kita seharusnya membantu pihak Kepolisian dan BNN untuk memberantas peredaran narkoba”, ujar Letkol Agung.

Situasi saat ini masih banyak sekali adanya kegiatan ilegal seperti narkoba, radikal dan terorisme untuk itu, personelnya diminta agar tetap menumbuh kembangkan naluri intelijen anggota dalam rangka deteksi dini dan cegah dini menggunakan sistem temu cepat lapor cepat, ia meminta para Babinsa dan aparat intel harus peka terhadap semua perubahan situasi yang ada. Berdayakan jaringan untuk mengembangkan informasi sekecil apapun.

Menurutnya, keluarga, karier dan kehidupan jangan sampai rusak akibat pengaruh obat-obatan terlarang. Prajurit TNI, selain menjaga pertahanan negara juga harus mampu menjaga keluarga dari bahaya narkoba, menjaga kesehatan keluarga, dan menjaga sikap pada saat diluar jam dinas.

Dandim 0403/OKU juga berterima kasih atas kerjasama anggotanya selama satu Semester lalu. Dimana semua kegiatan telah berjalan dengan baik dan maksimal berkat peran aktif rekan prajurit sekalian. Sesama prajurit harus saling mengingatkan dan peduli terhadap sesama rekan prajurit lainnya agar terhindar dari hal negatif dan merugikan satuan. “Kita sebagai prajurit TNI wajib dan tetap menjunjung tinggi 4 sikap sebagai seorang prajurit TNI yakni loyalitas, disiplin, sikap militer dan kesemaptaan yang tidak boleh luntur pada diri prajurit sekalian terus tanamkan sikap tersebut”, jelasnya.

Di sisi lain, kata Letkol Agung, Jam Komandan merupakan kegiatan rutin yang digelar di satuan sebagai forum komunikasi sekaligus bentuk kepedulian Komandan terhadap satuan serta anggotanya. Dimana di dalamnya, terdapat penekanan dan instruksi yang perlu dilaksanakan. “Jam Komandan solusi berkomunikasi secara langsung kepada seluruh anggota untuk mengetahui kendala yang dihadapi selama ini, dan terakhir kita minta anggota kita juga berhati-hati dan selalu bijak dalam menggunakan Medsos, serta sama-sama memerangi hoax”, pungkas Dandim.

Share.

Comments are closed.